Polda Sumut Tingkatkan Patroli Dini Hari, Antisipasi Gangguan Kamtibmas Saat Ramadan

Polda Sumut Tingkatkan Patroli Dini Hari, Antisipasi Gangguan Kamtibmas Saat Ramadan
Polda Sumut Tingkatkan Patroli Dini Hari (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengoptimalkan penjagaan dan pengamanan dengan melaksanakan patroli dini hari. Tujuannya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat selama Ramadan.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, patroli dini hari selama Ramadan tersebut dilaksanakan Brimob, Dit Sampata, dan seluruh Polres Jajaran

“Polda Sumut meningkatkan pengamanan dan Penjagaan serta Patroli di seluruh wilayah, dalam antisipasi kerawanan-kerawanan saat Ramadan. Patroli Gabungan ini sesuai instruksi Kapolda Sumut untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam aktivitas di bulan Ramadan," katanya, Senin (4/4).

Berdasarkan pengalaman bulan Ramadan tahun-tahun sebelumnya, sering terjadi balapan liar, tawuran, bahkan asmara subuh muda mudi, juga menemukan masyarakat kumpul-kumpul saat malam hingga dini hari, bahkan menjelang subuh atau setelah jam sahur.

“Patroli yang ditingkatkan dilakukan secara berkala setiap harinya, baik di saat menjelang buka puasa, saat Salat Tarawih, maupun dini hari menjelang sahur dan sesudah sahur,” terang Hadi.

Tim Patroli Presisi Polda Sumut, Wadir Samapta ,AKBP Benny Hutajulu, juga mengatakan, tim patroli yang dibentuk terdiri dari 60 personel, berorientasi pada tindakan preemtif dan preventif mengantisipasi adanya tindak kriminalitas, termasuk turut serta melakukan sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Selain patroli, kita juga terus lakukan penindakan terkait kepatuhan protokol kesehatan. Itu sudah menjadi komitmen kami menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga khusyuk beribadah,” tutup Wadir Samapta.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi