Bandara Kualanamu Buka Kembali Perjalanan Luar Negeri, Imigrasi Lakukan Persiapan Optimal

Bandara Kualanamu Buka Kembali Perjalanan Luar Negeri, Imigrasi Lakukan Persiapan Optimal
Imigrasi lakukan persiapan optimal (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Dibukanya kembali perjalanan dari dan ke luar negeri melalui Bandara Kualanamu, Deliserdang, Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi melakukan persiapan optimal untuk penerbangan pertama pasca pandemi Covid-19 dari Kuala Lumpur ke Kualanamu.

Pada hari ini, Jumat (22/4) merupakan first flight bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dengan dibukanya kembali penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Kualanamu menggunakan maskapai Malaysia Airlines (MH-864).

Dalam agenda penerbangan pertama dari luar negeri ini, jajaran Forkopimda hadir untuk memantau kedatangan pesawat Malaysia Airlines seperti Kapolda Sumatera Utara, Pangdam, yang didampingi oleh pimpinan Kantor Otoritas Bandara Kualanamu.

Proses kedatangan penumpang dari Kuala Lumpur ini tetap dilakukan sesuai prosedur protokol kesehatan yang berlaku, yang dilakukan secara ketat oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi di Bandara Kualanamu melakukan persiapan yang matang dengan prosedur pemeriksaan yang ketat.

Hadir memonitoring kegiatan ini yaitu Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Ignatius Purwanto, didampingi Kepala Bidang Tempat Imigrasi Bandara Internasional Kualanamu, Tedi Hartadi Wibowo, dan juga Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Polonia, Yan Wely Wiguna.

“Dalam Maskapai Malaysia Airlines (MH-864) dengan rute Kuala Lumpur- Kualanamu ini terdapat 151 penumpang kedatangan, dengan rincian sebagai berikut: WNA 40 orang penumpang. WNI 111 orang penumpang,” kata Ignatius.

Secara spesifik penumpang kedatangan WNA ini diklasifikasikan sesuai jenis dokumen perjalanan nya yaitu untuk WNA Kedatangan pengguna BVK (Bebas Visa Kunjungan) sebanyak 24 orang, Affidavit sebanyak 9 orang, pemegang ITAS/ITAP sebanyak 3 orang, Visa Kunjungan Saat kedatangan (VOA) sebanyak 2 orang, ABTC 1, pemegang Vitas sebanyak 1 orang penumpang.

Dari beberapa testimoni penumpang yang berasal dari Kuala Lumpur menuju Kualanamu ini dapat disimpulkan bahwa, penerbangan komersil pertama kali yang berlangsung hari ini merupakan kesempatan bagi para pelaku perjalanan luar negeri yang sudah lama mengidamkan rute penerbangan dari dan ke Kualannamu untuk berkumpul dengan keluarga setelah lebih dari 2 tahun penerbangan rute internasional dibatasi karena efek pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, terdapat 9 negara subjek Bebas Visa Kunjungan khusus Wisata, 43 negara Subjek Visa Kunjungan Saat Kedatangan Khusus Wisata. Dan bandara Kualanamu per 6 April 2022 ditetapkan sebagai Tempat Pemeriksaan Imigrasi Khusus VKSK Wisata dan Bebas Visa Kunjungan Wisata.

"Semoga dengan adanya penerbangan pertama ini menjadi spirit bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi