Edy Rahmayadi Berkunjung ke Asahan, Pastikan Masyarakat Aman Mudik Lebaran

Edy Rahmayadi Berkunjung ke Asahan, Pastikan Masyarakat Aman Mudik Lebaran
Edy Rahmayadi berkunjung ke Asahan (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut berkunjung ke Kabupaten Asahan.

Kunjungan untuk meninjau kesiapan Pos Pam Ketupat Toba tahun 2022 menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, yang disediakan Polres Asahan bekerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan. Kegiatan berlangsung di halaman Kereta Api Kisaran, Senin (25/4).

Hadir dalam rombongan yakni Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I BB Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin, Kajatisu Idianto, Ketua DPRD Sumut.

Mereka disambut langsung oleh Bupati Asahan, Surya, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, dan jajarannya, serta Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, Dandim 0208/AS Letkol Frangki Susanto, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Nelson Angkat, Kajari Asahan, Dedyng Wibiyanto Atebay.

Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, memaparkan kesiapan Polres Asahan dalam melaksanakan pengamanan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri sudah rampung dengan menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan kesehatan, pos terpadu, dan pos pantau kemacetan.

“Semua Pos pengamanan yang ada di wilayah hukum Polres Asahan sudah disiagakan serta bekerja sama dengan instansi yang ada di Pemkab Asahan dan TNI Kodim 0208/AS,” kata Putu.

Lebih lanjut Putu menjelaskan, pihaknya juga sudah menyediakan antisipasi kalau ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti daerah rawan longsor yang berada di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge sudah disediakan eskavator.

Di lokasi rawan kecelakaan juga disediakan mobil derek dan memasang sejumlah spanduk dengan tulisan hati-hati rawan kecelakaan dan kami juga menyiapkan mapping trouble dengan tujuan menghindari antrean kendaraan dua lapis.

“Sedangkan jalan yang rusak sudah diperbaiki oleh Pemkab Asahan sehingga layak untuk dijalani bagi masyarakat yang ingin mudik," ujarnya.

Bupati Asahan, Surya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Forkopimda Sumut yang sudah memberikan perhatian. Pemkab Asahan saat sudah menyiapkan segala kebutuhan bagi pos pengamanan.

“Pemkab Asahan bersama Forkopimda Asahan sangat kompak dan bersinergi dalam bekerja, sehingga apa yang kami lakukan selalu berkoordinasi dengan Kodim 0208/AS dan Polres Asahan,” kata Surya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, mudik ini adalah suatu tradisi keariban lokal, sehingga Pos pengamanan sangat penting disiagakan di tempat-tempat rawan.

“Maka dari itu Bapak Kapoldasu sudah memerintah anggotanya melalui Kapolres yang ada di 33 Kabupaten/kota untuk menyediakan Pos pengamanan di wilayah hukum Sumatera Utara,” ujarnya.

Disinggung mengenai antisipasi penularan Covid-19, Edy mengatakan, sejak awal pemerintah sudah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk taat dalam melakukan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus diutamakan dalam melaksanakan mudik, begitu juga dengan pos pelayanan kesehatan sudah disediakan di setiap pos pengamanan, artinya ketika ada masyarakat mudik yang merasa sakit maka di pos tersebut sudah disediakan pelayanan kesehatan,” kata Edy saat memberikan keterangan.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, dirinya sudah mensiagakan anggota sebanyak 10.637 orang yang terdiri dari personil kepolisian, TNI dan dari instansi pemerintah untuk mengamankan arus mudik selama lebaran Idul Fitri.

“Artinya kesiapan pemerintah Sumatera Utara dibantu TNI Polri untuk melakukan pengamanan sudah aman dan tidak perlu lagi merasa takut untuk mudik,” tandas Panca.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi