Puncak Arus Mudik di Bandara Kualanamu Capai 19.500 Orang dan 115 Penerbangan

Puncak Arus Mudik di Bandara Kualanamu Capai 19.500 Orang dan 115 Penerbangan
Bandara Kualanamu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Angkutan Lebaran 2022 khususnya pada periode arus mudik di Bandara Internasional Kualanamu berjalan dengan baik.

Plt. Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu Eri Braliantoro mengatakan kelancaran Angleb 2022 di Bandara Internasional Kualanamu didukung kolaborasi erat di antara stakeholder termasuk pemudik yang merencanakan perjalanan sedari awal atau tidak dekat dengan hari lebaran.

Di samping itu, lanjut Eri Braliantoro, moda transportasi udara memiliki tiga keunggulan dalam mengakomodir tingginya permintaan seperti di masa angkutan lebaran.

“Di saat permintaan masyarakat tinggi untuk bepergian, transportasi udara memiliki tiga keunggulan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga kami bersyukur periode angkutan lebaran 2022 khususnya pada arus mudik ini bisa berjalan dengan baik di bandara-bandara PT Angkasa Pura II termasuk Bandara Internasional Kualanamu,” terangnya, Minggu (1/5).

“Tiga keunggulan yang dimiliki transportasi udara itu dapat membantu memudahkan pemudik dalam melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga,” jelas Eri Braliantoro.

Adapun keunggulan pertama yang dimiliki transportasi udara dalam memenuhi tingginya permintaan adalah fleksibilitas.

“Transportasi udara memiliki fleksibilitas, di mana calon penumpang bisa memilih tanggal dan jam keberangkatan serta maskapai yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila di tanggal dan jam keberangkatan yang diinginkan sudah tidak tersedia tiket, maka bisa dipilih alokasi waktu lainnya,” jelas Eri Braliantoro.

Kemudian, keunggulan kedua adalah transportasi udara memiliki kapasitas yang dapat disesuaikan dengan permintaan.

“Apabila permintaan tinggi, PT Angkasa Pura II selaku operator bandara akan berkoordinasi dengan maskapai dan ground handling serta pihak terkait lainnya untuk menambah kapasitas kursi penerbangan melalui mekanisme extra flight (penerbangan tambahan), pengaturan slot time penerbangan, perpanjangan jam operasional bandara, dan lain sebagainya,” ungkap Eri Braliantoro.

Sementara itu keunggulan ketiga yang dimiliki transportasi udara adalah luasnya konektivitas penerbangan.

“Transportasi udara mengkoneksikan setiap provinsi di Indonesia. Melalui jalur udara, kita bisa melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lainnya dengan waktu yang singkat. Di negara kepulauan seperti Indonesia, transportasi udara merupakan moda yang paling efisien dan efektif,” ujar Eri Braliantoro.

Tiga keunggulan itu juga yang menjadikan transportasi udara sebagai pilihan pemudik dalam melakukan perjalanan pada angkutan lebaran 2022.

Oleh karena itu, PT. Angkasa Pura II menghimbau masyarakat dapat memanfaatkan pilihan menggunakan transportasi udara dalam masa arus mudik lebaran dan tentu saja juga pada saat arus balik nanti.

Bandara Internasional Kualanamu dalam angkutan lebaran 2022 ini telah melalui puncak arus mudik dengan lancar.

Puncak arus mudik di Bandara Internasional Kualanamu terjadi pada 29 April 2022 (H-3) dengan jumlah pergerakan penumpang pesawat tercatat mencapai 19.500 orang dan frekuensi penerbangan sebanyak 115 penerbangan.

Total, sepanjang H-10 hingga H-2 (22 April-30 April) secara kumulatif jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Kualanamu tercatat mencapai 144.199 orang.

“Masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik sedari awal atau tidak dekat di hari lebaran sehingga distribusi/sebaran perjalanan pemudik berjalan dengan baik, dan kami berterima kasih kepada masyarakat. Ini juga membuat puncak arus mudik datang lebih awal yakni pada 29 April, di mana sebelumnya kami perkirakan ada di 30 April,” Eri Braliantoro.

Adapun terkait kapasitas kursi penerbangan, PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu telah menerima sebanyak 190 permohonan extra flight dari berbagai maskapai untuk periode 22 April - 10 Mei 2022. Extra flight ini untuk mengakomodir tingginya permintaan calon penumpang pada periodik mudik lebaran kali ini.

Sementara itu, 5 besar destinasi pada Angleb 2022 khususnya arus mudik pada 22 April - 29 April dari Bandara Internasional Kualanamu adalah CGK, BTH, YIA, BDO, dan KUL.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi