Kalahkan Villareal, Klopp: Comeback yang Luar Biasa

Kalahkan Villareal, Klopp: Comeback yang Luar Biasa
Jurgen Klopp memeluk salah satu pemainnya (Marca/AP)

Analisadaily.com, Spanyol - Jurgen Klopp sangat senang setelah dia memimpin tim Liverpool melewati Villarreal untuk mencapai final Liga Champions untuk ketiga kalinya dalam lima tahun. Mantan bos Borussia Dortmund itu menilai kemenangan ini sama tingginya dengan beberapa yang paling terkenal dalam pekerjaannya.

"Saya pikir malam ini setara dengan comeback lainnya seperti melawan Dortmund atau Barcelona. Luar biasa bisa bangkit dari ketertinggalan 2-0 ketika tampaknya gol ketiga bagi mereka lebih mungkin terjadi," kata Klopp usia pertandingan dilansir dari Marca, Rabu (4/5).

"Ketika babak kedua dimulai, saya melihat kami bermain bagus, tetapi kami harus mencetak gol. Saya telah melihat banyak pertandingan tetapi bereaksi seperti yang kami lakukan di sini sungguh luar biasa," sambungnya.

Dalam mencapai final Eropa, Klopp menjadi pelatih pertama yang mencapai final Piala FA, Piala Liga, dan Liga Champions di musim yang sama.

“Satu-satunya tim yang bisa memenangkan final. Kami telah melalui semua putaran lainnya dan kami senang dengan apa yang terjadi pada kami. Kami telah mencapai tiga final dan kami tahu betapa sulitnya itu. Ketika mereka tiba, kami akan siap menghadapi mereka. Kami akan melihat bagaimana kami mempersiapkannya," kata dia.

Keputusan Klopp untuk menarik Diogo Jota di babak pertama mengejutkan, tetapi penggantinya Luis Diaz kemudian dinobatkan sebagai pemain terbaik.

"Luis Diaz berdampak besar tetapi saya tidak suka ini karena cerita selanjutnya adalah Diogo Jota masalahnya. Tidak benar. Kami memiliki 11 masalah di babak pertama tetapi kami membutuhkan kaki yang segar. Saya ingin Mo Salah dan Sadio Mane tinggi dan melebar tetapi tidak dalam situasi permainan terbuka. Kami bukan diri kami sendiri," paparnya.

"Tapi kami pada akhirnya. Luis, gol yang luar biasa. Dia bisa saja mencetak gol dengan tendangan salto jika dia menjatuhkannya, tetapi performa yang luar biasa darinya," tutur Klopp.

Di luar pergantian pemain, kata-kata Klopp saat jeda tampaknya memicu perubahan pada pemainnya.

“Kami tahu bahwa di babak pertama mereka sangat unggul dari kami satu lawan satu, tetapi kami tidak mengomentari aspek fisik saat istirahat. Saya tidak bisa memberi tahu Anda apa yang saya katakan kepada mereka. Kami berbicara tentang bagaimana kami harus bermain sepak bola, untuk bergerak mencari ruang," tambahnya.

Meski menang, pelatih asal Jerman itu tidak ragu-ragu membayar Villarreal atas performa mereka. Kapal Selam Kuning membuat The Reds ketakutan pada malam itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi