Hindari Kemacetan Akhir Pekan, Pemudik di Aceh Diimbau Balik Lebih Awal

Hindari Kemacetan Akhir Pekan, Pemudik di Aceh Diimbau Balik Lebih Awal
Petugas Dirlantas Polda Aceh mengatur arus balik lebaran (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol. Dicky Sondani, mengimbau kepada masyarakat yang sedang mudik lebaran untuk balik lebih awal.

Karena diperkirakan terjadi puncak arus balik mudik lebaran pada hari Sabtu dan Minggu (7-8/5) yang dapat menyebabkan terjadinya kemacetan berjam-jam di jalan raya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Aceh yang mudik agar balik lebih cepat sebelum Sabtu-Minggu untuk menghindari kemacetan panjang di jalan," ujar Kombes Pol Dicky Sondani, Kamis (5/5).

Dalam Operasi Ketupat Seulawah 2022, Dirlantas Polda Aceh dan rombongan turut melaksanakan pengecekan situasi arus lalu lintas dan Pos Pengamanan dan Pelayanan Mudik Lebaran di wilayah Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat pada hari ini.

Hasil pantauan di lapangan, arus lalu lintas di wilayah barat Aceh cukup padat namun lancar, karena banyak masyarakat berwisata di sepanjang pantai.

Ada beberapa ruas jalan di Aceh Jaya yang perlu diantisipasi apabila hujan, karena banyak air yang tergenang di aspal yang menyebabkan terjadinya Aqua Planning dan itu sangat berbahaya apabila dilewati kendaraan dengan kecepatan tinggi.

"Aqua Planning dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas," terang Dicky.

Di ruas jalan wilayah Bubon, Aceh Barat masih ada pekerjaan jembatan yang belum selesai, sehingga kendaraan yang lewat harus bergantian dan menyebabkan kemacetan yang panjang.

Sementara itu, berdasarkan hasil pantauan di lapangan pada hari Rabu, 4 Mei 2022 sampai malam hari, masih banyak masyarakat kota Banda Aceh yang melakukan mudik pada H+3 lebaran.

Menurut pemudik, mereka sengaja pulang kampung setelah Idul Fitri 1443 Hijriah, karena masih bersilaturahmi dengan teman-teman sekantor di Banda Aceh.

Ada juga yang mengatakan, mereka baru bisa mudik karena baru dapat izin libur setelah tanggal 4 Mei 2022.

Hal ini berdampak kemacetan lalu lintas di beberapa ruas di jalan Medan-Banda Aceh di wilayah Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireun dan Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, serta wilayah Aceh Tengah.

Dirlantas Polda Aceh mengimbau kepada pemudik agar memperhatikan kondisi kesehatan saat mengendarai kendaraan bermotor.

"Kalau lelah dan mengantuk segera istirahat di rest area seperti warkop atau SPBU terdekat. Waspadai hujan yang sudah mulai turun di wilayah Aceh saat ini, karena salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas adalah faktor cuaca. Akibat hujan bisa terjadi jalanan licin, air tergenang di jalan dan banjir," pungkas Dicky.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi