Sepuluh Selebriti Meraih Gelar Doktor Kehormatan

Sepuluh Selebriti Meraih Gelar Doktor Kehormatan
Ilustrasi (Vectorstock.com)

Analisadaily.com, Amerika - Setiap tahun, perguruan tinggi di seluruh tanah air memberikan gelar kehormatan bagi para selebriti. Meskipun nama-nama terkenal ini tidak menghadiri kelas atau melakukan penelitian sendiri, mereka sering menerima gelar doktor kehormatan karena pekerjaan dan pengaruh mereka.

John Legend tidak hanya memiliki gelar doktor kehormatan musik dari University of Pennsylvania, ada juga banyak aktor lain dengan gelar serupa, termasuk bintang seperti Bono, Alec Baldwin, Jon Bon Jovi dan Kerry Washington.

Dilansir dari Aceshowbiz, Minggu (22/5), berikut daftar A-lister lainnya yang memiliki gelar doktor kehormatan.

1. Justin Timberlake

Justin Timberlake menerima gelar kehormatan Doctor of Music dari Berklee College of Music pada tahun 2019. Selain berterima kasih kepada istrinya Jessica Biel dalam pidatonya, ia juga membagikan apresiasinya atas kehormatan tersebut di Instagram.

"Tidak Ada Mimpi yang terlalu besar!!! Teruslah kejar!!! Percayalah. Saya seorang DOKTER!!" Penyanyi "Man of the Woods" itu menuliskan foto dirinya yang sedang memegang ijazah. "Tapi, sungguh. Terima kasih kepada @berkleecollege atas kehormatan yang luar biasa ini. Saya sangat tersanjung dan berterima kasih," kata dia.

2. Meryl Streep

Meryl Streep adalah penerima beberapa gelar doktor kehormatan, beberapa di antaranya berasal dari berbagai sekolah Ivy League. Bintang "The Devil Wears Prada", yang lulus dari Universitas Yale pada tahun 1975, dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Fine Arts dari institusi tersebut pada tahun 1983.

Aktris ini juga menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Dartmouth, Universitas Princeton pada tahun 2009, Universitas Harvard pada tahun 2010 dan Universitas Indiana pada tahun 2014, untuk bakat sinematik dan advokasinya untuk wanita. Aktris peraih Oscar ini pasti pantas mendapatkan pengakuan karena ia memenangkan Academy Award tiga kali dan telah dinominasikan 18 kali lebih banyak dari itu.

3. Oprah Winfrey

Pada tahun 2013, Universitas Harvard memberikan gelar kehormatan Doctor of Laws kepada Oprah Winfrey. Sang maestro media juga dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Fine Arts dari Princeton University pada 2002, gelar kehormatan Doctor of Humane Letters dari Duke University pada 2009 dan gelar kehormatan Doctor of Laws dari Harvard University pada 2013.

Terlepas dari pengaruhnya, banyak rekan selebritas berpikir Oprah terlalu dibesar-besarkan. Bagi mereka yang meragukannya, dia hanya memiliki satu hal untuk dikatakan selama pidatonya. "Meskipun saya mungkin tidak lulus dari sini, kepribadian saya sama seperti Harvard saat mereka datang," ucapnya.

4. Kanye West

Kanye West dianugerahi gelar doktor kehormatan dari School of the Art Institute of Chicago pada tahun 2015. Rapper ini mendapat kehormatan setelah putus kuliah pada usia 20 untuk mengejar karir musik, yang kemudian ia rujuk dalam album debutnya yang berjudul "The College Dropout".

Pada saat itu, artis "Donda" mendapat penghargaan atas "karyanya yang transformatif dan menantang genre." Dalam pidatonya, ia menyebut kehormatan itu sebagai "humanisasi" dan berjanji gelarnya akan membuat hidup siswa lebih mudah.

5. Celine Dion

Celine Dion menerima gelar kehormatan Doctor in Music pertamanya dari Laval University di Quebec, Kanada pada 2008. Penyanyi itu kemudian dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Music dari Berklee College of Music pada Mei 2021, bersama Pharrell Williams dan Chad Hugo dari The Neptunes.

Pemenang penghargaan multi-Grammy, yang tidak pernah menyelesaikan sekolah menengah, menyebut gelar doktor itu "kehormatan yang sangat besar untuk seorang gadis kecil dari Charlemagne." Setelah dianugerahi gelar Doctor of Music, dia turun ke Twitter untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya, mencatat bahwa dia "rendah hati" untuk menerima kehormatan itu.

6. Taylor Swift

Taylor Swift baru-baru ini menerima gelar doktor kehormatan seni rupa dari Universitas New York. Pelantun "Look What You Made Me Do" menerima penghargaan tersebut di Yankee Stadium di Bronx pada Rabu, 18 Mei.

Selama pidato pembukaannya di upacara tersebut, Taylor berbagi beberapa "peretasan hidup" untuk lulusan baru. Menjelang upacara, bintang pop itu memamerkan ansambel kelulusannya, dengan keterangan yang berbunyi, "Mengenakan topi dan gaun untuk pertama kalinya."

7. Orlando Bloom

Pada tahun 2010, Orlando Bloom melakukan perjalanan ke kampung halamannya di Katedral Canterbury di Inggris untuk menerima gelar doktor dari University of Kent. Berbicara tentang gelar barunya, tunangan Katy Perry berkata, "Ini benar-benar masalah besar. Ini hari yang menyenangkan bagi saya."

"Saya benar-benar merasa terhormat bisa kembali ke kota asal saya. Saya memiliki begitu banyak kenangan menakjubkan tentang katedral dan Canterbury. Saya telah tinggal di dekat universitas sehingga seperti taman bermain saya," tuturnya.

Aktor "Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest" aktor menambahkan ini adalah kehormatan besar, sangat besar dan saya merasa terharu, seperti halnya ibu saya, tidak lebih dari ibu saya," ucapnya.

8. Ed Sheeran

Ed Sheeran menerima gelar doktor kehormatan dari University Campus Suffolk di Ipswich, Inggris pada tahun 2015. Pelantun "Shape of You" itu dianugerahkan sebagai pengakuan atas "kontribusinya yang luar biasa terhadap musik."

Musisi pemenang Grammy menerima gelar secara langsung, di mana ia mengenakan gaun warna-warni dan topi tradisional yang dipasangkan dengan sepatu Converse dan kilatan tatonya. Penyanyi, yang meninggalkan sekolah pada usia 16 untuk mengejar karir musiknya, berbagi kegembiraannya di Instagram, menulis, "Saya lulus hari ini, saya sekarang resmi menjadi Dr. Sheeran," tulisnya.

9. Jennifer Garner

Jennifer Garner dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Humane Letters oleh almamaternya, Denison University, pada 2019. Aktris yang merupakan lulusan Denison angkatan 1994 itu juga menyampaikan pidato pembukaan sekolah.

Saat itu, aktris "The Adam Project" mendorong para lulusan untuk tetap berhubungan satu sama lain. "Teman kerja, Anda berbicara dengan mereka tentang pekerjaan. Kekasih, Anda berbicara dengan mereka tentang cinta dan reservasi makan malam. Tetapi teman-teman dari perguruan tinggi, Anda dapat berbicara dengan mereka tentang segalanya, dan Anda tidak dapat melakukan apa pun dengan mereka dan tetap bahagia," dia dikatakan.

10. Sean "P. Diddy" Combs

Sean "P. Diddy" Combs menerima gelar doktor dari perguruan tinggi yang dia tinggalkan hampir 25 tahun sebelumnya untuk mengejar karir musiknya. Pelantun "Mo Money Mo Problems" itu dianugerahi gelar doktor kehormatan di bidang humaniora dari Howard University.

"Jika saya tidak meninggalkan sekolah lebih awal, saya akan lebih siap," kata rapper berusia 52 tahun itu dalam pidato pembukaannya.

"Saya harus memutuskan untuk menjadi cahaya saya sendiri [dalam kegelapan]. Suatu hari, Anda akan duduk dalam kegelapan seperti saya, berpikir, 'Apa yang akan saya lakukan?' Pada saat itu, saya ingin Anda mengingat kekuatan dalam diri Anda," kata dia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi