Pemkab Palas dan Rohul Jalin Kerja Sama

Pemkab Palas dan Rohul Jalin Kerja Sama
Jalin kerja sama (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padanglawas - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Pemkab Palas) dan Pemkab Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau menjalin kerjasama antar dua kabupaten tersebut.

Salah satu butir kerja sama adalah memperjuangkan alih status jalan provinsi yang menghubungkan kedua kabupaten ini menjadi jalan nasional.

Informasi diperoleh Selasa (31/5) kunjungan silaturrahim Pemkab Palas ke Kabupaten Rohul, selaku dua daerah kabupaten bertetangga yang sama-sama daerah kabupaten paling ujung.

Plt. Bupati Padanglawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu, bersama rombongan pimpinan organisasi perangkat daerah disambut baik Bupati Rohul di rumah Dinas Bupati Rohul, Komplek Bina Praja Pemda, Kabupaten Rokan Hulu.

Kunjungan yang dilaksanakan atas undangan Bupati Rohul, Sukiman dalam rangka mempererat tali silaturahim antara dua daerah kabupaten yang bertetangga yang sama-sama daerah kabupaten paling ujung.

Zarnawi menambahkan, secara kultur sosial, hubungan masyarakat Rohul dan Palas telah terjalin sejak lama. Karena secara umum masyarakat di perbatasan Rohul - Palas memiliki kekerabatan yang sangat erat akibat perkawinan, juga terdapat banyak kesamaan nama desa.

"Bahkan dalam kehidupan sehari hari orang Rohul yang berada di perbatasan Palas dalam berkomunikasi menggunakan bahasa daerah Palas. Sehingga menjadikan Ikatan bathin yang sangat erat antara masyarakat Rohul dengan Palas," kata Zarnawi.

Selain itu, dengan kerja sama yang baik secara administrasi dan terukur, maka bukan tidak mustahil persoalan krusial akan bisa terlayani tanpa halangan birokrasi atau administrasi, yang saling menguntungkan.

Sebelumnya Bupati Rohul, Sukirman sangat mengapresiasi sekaligus berterimakasih atas kunjungan Plt Bupati Palas beserta rombongan. Ia menyampaikan selamat datang di kabupaten Rohul, Negeri Seribu Suluk.

"Alhamdulillah sekarang kita bisa bertemu dan bersilaturrahim dalam mempererat hubungan antara pemerintah daerah kabupaten bertetangga, Padanglawas dan Rohul," kata Sukirman.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi