Kepala Sekolah Ikuti Sosialisasi Program APBD dan DAK

Kepala Sekolah Ikuti Sosialisasi Program APBD dan DAK
Kepala sekolah terdiri dari TK, SDN dan SMP serta ketua Komite sedang menghadiri sosialisasi program APBD dan DAK fisik di aula dinas pendidikan, Senin (13/6). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kisaran - Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan menggelar sosialisasi kepada seluruh Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Asahan serta melibatkan ketua Komite di sekolah masing-masing, terkait program Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) di aula Disdik Asahan, Senin (13/6).

Kadis Pendidikan Asahan, Supriyanto, mengatakan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman terkait pengelolaan dana APBD dan DAK. Dalam rangka pengadaan barang jasa melalui swakelola tipe IV dan menggunakan DAK fisik bidang pendidikan, sebagaimana diatur dalam peraturan lembaga kebijakan pengadaan barang jasa.

"Penyelenggaraan kegiatan yang bersumber dari DAK fisik bidang pendidikan melalui swakelola tipe IV ini didasarkan pada pertimbangan peningkatan peran serta pemberdayaan kelompok masyarakat," kata Supriyanto.

Kata dia, hal itu diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah untuk membantu meningkatkan mutu layanan pendidikan, sekaligus merevitalisasi tugas komite sekolah berdasarkan prinsip gotong royong.

Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini antara lain dapat memahami dan melaksanakan kegiatan di tempat masing-masing sesuai dokumen kontrak swakelola. Kemudian memberi hasil yang maksimal, tertib administrasi dan laporan keuangannya serta tidak terjadi perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian keuangan negara.

Dia berharap, kepada seluruh peserta agar mengikuti acara ini dengan seksama dan penuh kesungguhan sehingga mendapatkan informasi dan pemahaman yang mendalam tentang arah kebijakan program DAK fisik bidang pendidikan serta melaksanakannya dengan tertib administrasi dan keuangannya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi