Karyawan Asian Agri Lakukan Donor Darah Massal

Karyawan Asian Agri Lakukan Donor Darah Massal
Sebagian karyawan Asian Agri yang tengah menyumbangkan darahnya dalam aksi kemanusiaan memperingati Hari Donor Darah Sedunia. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pekanbaru - Memperingati Hari Donor Darah Sedunia, karyawan Asian Agri melaksanakan aksi kemanusiaan berupa donor darah massal dengan melibatkan seluruh karyawan perusahaan yang bertugas di Sumatera Utara, Riau dan Jambi.

Manajer Sustainability Operation dan CSR Asian Agri, Putu Grhyate Yonata Aksa, mengatakan seluruh karyawan dan karyawati di Asian Agri melakukan aksi kemanusiaan donor darah itu secara serentak di tiga provinsi untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada 14 Juni.

"Aksi kepedulian ini didukung penuh oleh perusahaan dengan memfasilitasi dan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) di unit-unit kebun Asian Agri yang tersebar di Sumut, Riau dan Jambi," jelas Putu, Selasa (14/6).

Dipaparkannya, aksi kemanusiaan ini dilakukan sspanjang 2-11 Juni 2022 dan diikuti sebanyak 339 orang dengan jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 219 kantong. "Harapan kami, aksi kemanusiaan ini bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat yang sedang berjuang untuk kesembuhannya," imbuh Putu.

Adapun unit bisnis Asian Agri yang melaksanakan kegiatan donor darah adalah PT Gunung Melayu dan PT Supra Matra Abadi (Sumut), PT Inti Indosawit Subur, dan PT Mitra Unggul Pusaka (Riau), dan PT Dasa Anugrah Sejati (Jambi).

Manajer Grup Group PT Inti Indosawit Subur Kebun Ukui, Gatot Sibuea, saat melakukan donor darah di Kebun Buatan pada 11 Juni, menyatakan bahwa para karyawan antusias untuk turut serta dalam aksi kemanusiaan tersebut.

"Aksi donor darah ini merupakan misi sosial dan kemanusiaan perusahaan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Seluruh staf antusias dan tergerak untuk mengikuti kegiatan donor darah ini. Harapan kami, kiranya darah yang kami sumbangkan bisa membantu sesama dan dapat memenuhi ketersediaan darah di PMI," ujarnya.

Kepala PMI Kabupaten Pelalawan, dr Opyanda Eka Mitra, mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Asian Agri yang berperan dalam aksi sosial dan kemanusiaan dengan donor darah tersebut.

"Ada tiga perusahaan Asian Agri di Pelalawan yang melakukan aksi donor darah. Ini saja sudah cukup untuk memenuhi target dan stok darah selama satu minggu ke depan, yaitu 50 kantong. Untuk Pelalawan terkumpul kurang lebih 120 kantong," jelasnya melalui ponsel.

Ditambahkannya, stok darah yang berhasil dikumpulkan tersebut akan didistribusikan oleh PMI ke rumah sakit di wilayah kabupaten ini serta kabupaten lain yang membutuhkan.

Opyanda jug berpesan agar masyarakat, khususnya karyawan Asian Agri, melakukan donor darah secara rutin, yaitu tiga bulan sekali karena akan dapat meningkatkan kesehatan, karena sel darah akan berganti dan tumbuh sel darah yang baru lagi.

"Teruslah lakukan donor darah secara teratur karena akan sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan darah bagi mereka yang membutuhkan," ajaknya.

Salah seorang pendonor, Suroso (54), mengaku sudah melakukan donor darah secara rutin. Aksi yang dilakukannya kali ini merupakan yang ke sepuluh baginya.

"Pertama mendonor saya merasa terpaksa, tapi setelah dijalani ternyata donor darah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kegiatan ini juga sekaligus mulia karena bisa membantu sesama manusia," ucapnya seraya mengajak masyarakat luas untuk aktif dalam kegiatan donor darah karena bermanfaat positif bagi kesehatan dan kemanusiaan.

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi