Terkait Budidaya Jamur Tiram, LPPM USU Dampingi Poktan Turi

Terkait Budidaya Jamur Tiram, LPPM USU Dampingi Poktan Turi
LPPM USU Dampingi Poktan Turi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) mendampingi masyarakat Kelompok Tani Turi (Poktan Turi) Petani Jamur Tiram Kelurahan Sidomulyo, Medan Tuntungan terkait budidaya hingga pascapanen yang intensif dan berkesinambungan guna meningkatkan profit petani poktan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Tim Pengabdian Masyarakat LPPM USU yang dikoordinir Dr. Ir. Lisa Mawarni, MP didampingi oleh Luthfi Azis Mahmud Siregar, Ph D, Putri Chandra Ayu, M.Si dan Ameilia Zuliyanti Siregar, Ph.D.

Kegiatan pendampingan tahap pertama dilaksanakan di Jalan Turi Kelurahan Sidomulyo pada, Selasa (14/6).

Kegiatan abdimas berjudul Bimbingan Teknis Alat Press Tanam dan Sterilisasi Baglog Jamur Tiram Mendukung Budidaya Jamur Tiram di Poktan Turi Sidomulyo ini terdiri dari beberapa aktivitas antara lain sosialisasi dan pendampingan petani melakukan tiga bentuk kegiatan seperti: berdiskusi, menyumbangkan mesin peniris minyak goreng (spinner) mendukung pascapanen jamur tiram sehingga produktivitas meningkat.

Ketua LPPM USU, Prof Dr Tulus Vor, Dipl, Math, MSi, Ph D juga berpesan pada kesempatan terpisah USU harus dapat bermanfaat dan bersinergi dengan masyarakat.

Selain itu, mitra Poktan Turi beserta pemerintahan Kelurahan Sidomulyo sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian USU dalam mendukung pengembangan budidaya dan UMKM jamur tiram di lokasi mitra.

"Semoga sinergitas ini tetap terjalin ke masa depan," paparnya.

(ARU/BR)

Baca Juga

Rekomendasi