Sebanyak 2.735 Calhaj Sumut Sudah Tiba di Madinah

Sebanyak 2.735 Calhaj Sumut Sudah Tiba di Madinah
Calhaj Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Abd. Amri Siregar, selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan mengatakan gelombang 1 telah tiba di Madinah sebanyak 2.735 orang.

Pada gelombang 1 ada dua orang jemaah ditunda keberangkatannya karena sakit dan saat ini masih dirawat dirumah sakit. Adapun nama jemaah yang tertunda keberangkatannya adalah Nurlela Sari Rambe asal Labuhanbatu yang tergabung di kloter 5, dan Syahnal Busumad Sihombing asal Labuhanbatu Utara yang tergabung di kloter 7.

“Alhamdulillah tadi pagi kloter terakhir pada gelombang I yaitu kloter 7 tiba di Madinah. Jumlah jemaah yang sudah tiba di Madinah asal Embarkasi Medan adalah 2735 orang. 2 jemaah tertunda berangkat karena saat akan take off, tiba-tiba sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit terdekat. Tadi malam jemaah asal Labura dirujuk ke RSUD Drs. H. Amri Tambunan Lubukpakam oleh tim petugas kesehatan,” kata Kakanwil Kemenag Provinsi Sumut, Abdul Amri Siregar, Sabtu (18/6).

Lebih lanjut dikatakan, untuk Gelombang II akan diberangkatkan pada dini hari. "Kloter 8 akan berangkat hari Minggu pukul 00.55 WIB. Kemudian kloter 9 berangkat Senin 04.30 WIB. Dan Kloter 10 berangkat hari Selasa pukul 07.30 WIB," terangnya.

Karena itu, ia mengatakan jadwal penerimaan dan pemberangkatan berbeda dengan gelombang I. Semula kedatangan diterima di Asrama Haji Medan pukul 17.00 WIB, untuk kloter 8 sampai 10 kedatangan jemaah pada pukul 08.00 WIB.

“Untuk gelombang II karena jadwal penerbangan tidak sama dengan gelombang I, maka jemaah tiba di Asrama Haji Medan pukul 08.00 WIB. Begitu juga jadwal acara keberangkatan dan pelepasan juga mengalami perubahan,” jelas Kakanwil.

Ia memastikan pelayanan kepada jemaah tetap menjadi prioritas pada Gelombang II. Ia mengatakan selalu mengevaluasi setiap per kloter untuk melihat kekurangan dan perbaikan apa yang harus dilakukan.

“Kegiatan tetap tidak ada yang dirubah. Namun jamnya saja dikondisikan. Kami tetap prioritaskan pelayanan terbaik untuk jemaah. Kami selalu melakukan evaluasi setiap kloternya. tentu ada yang kurang dengan segera kita perbaiki,” pungkasnya.

Adapun Kloter yang masuk dalam gelombang II adalah Kloter 8 asal Kabupaten Asahan, Kota Sibolga, dan Kota Medan. Kemudian Kloter 9 berasal dari Deliserdang, Pakpak Bharat, Gunungsitoli, Nias Utara dan Medan.

Kemudian Kloter 10 berasal dari Tapanuli Selatan, Padanglawas Utara, dan Medan, akan terbang dari bandara Kualanamu Minggu dini hari (19/6) sekira pukul 00.55 WIB menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi