Calhaj Deliserdang Diingatkan Jaga Kesehatan

Calhaj Deliserdang Diingatkan Jaga Kesehatan
Kakan Kemenag Deliserdang, Abdul Haris Harahap, diabdikan bersama calhaj di Asrama Haji Medan (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Deliserdang - Calon jemaah haji (calhaj) Kabupaten Deliserdang diingatkan selama melaksanakan ibadah haji 1443 H/2022 agar menjaga kondisi kesehatan. Sebab di Arab Saudi cuaca kurang mendukung.

"Perlu kami ingatkan kembali kepada para jemaah haji agar menjaga kesehatan, sebab kondisi alam Mekkah dan Indonesia saat ini sangat jauh berbeda, apalagi saat ini masih kondisi udara sangat tinggi," kata Kakan Kemenag Deliserdang, Abdul Haris Harahap, Minggu (19/6).

Untuk itu para jemaah yang hendak melaksanakan ibadah jangan terburu-buru, artinya melaksanakan sesuai dengan aturan haji yang ada. Ia juga menganjurkan para jemaah agar memperbanyak konsumsi makanan bergizi ataupun buah, sehingga menambah stamina agar lebih baik dalam menjalankan ibadah.

Sebab, lanjutnya, melaksanakan ibadah haji ini juga dibutuhkan stamina yang kuat, karena banyak bergerak termasuk tawaf sa'i bergerak lagi diangkut ke arafah bergerak lagi ke Minah, untuk melempar tiga zumrah itu semuanya butuh stamina yang kuat.

Di samping itu harapannya calhaj yang tergabung dalam kloter 9, yakni Deliserdang, Pakpak Barat, Gunung Sitoli, Nias Utara Medan berjumlah 393 orang bisa kompak, baik di dalam kloter, di asrama dan sampai nantinya di Makkah maupun Madinah.

"Semoga para duyufurrahman ini dapat melaksanakan ibadah haji ini dengan sempurna, baik wajib haji, rukun haji dan sunnah-sunnah lainnya," tambahnya.

Sebelumnya, calhaj khusus dari Deliserdang sebayak 361 orang dilepas Wakil Bupati Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar, dari halaman Masjid Agung di Lubukpakam Minggu (19/6) pagi.

Ikut Hadir mengantar jemaah Kabid Kesra Pemkab Deliserang, Mukti Ali Harahap, Kasi Haji Kemenag Deliserdang, Suwardi Harahap, serta pejabat dan tamu penting lainnya.

Informasi yang dihimpun kloter 9 ini akan diberangkatkan melalui Bandara Kualanamu langsung ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Senin dini hari (20/6) pukul 03.50 WIB.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi