Anggaran Kelurahan Digunakan untuk Fisik

Anggaran Kelurahan Digunakan untuk Fisik
Camat Kisaran Timur, Ahmad Syaiful Pasaribu (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Anggaran di sejumlah kelurahan yang berada di Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, seperti Kelurahan Kisaran Naga, Siumbu-Umbut, Siumbut Baru, Kisaran Timur, dan Mutiara, sudah cair dan dananya digunakan untuk pembangunan di kelurahan tersebut.

“Kecamatan Kisaran Timur ini ada 13 kelurahan, lima kelurahan dana pembangunan untuk fisik sudah cair dan akan dikerjakan oleh masyarakat yang dalam Pokmas,” ungkap Camat Kisaran Timur, Ahmad Syaiful Pasaribu, Selasa (21/6).

Lebih lanjut dia menjelaskan, dana kelurahan itu akan digunakan pada kegiatan fisik seperti drainase dan cor beton yang berada pada kelurahan tersebut.

“Dana kelurahan itu jumlah pencairannya bervariasi,” ujarnya.

Disinggung mengenai proses pengerjaan kegiatan fisik yang menggunakan dana kelurahan, dia mengatakan, kegiatan fisik itu akan dikerjakan oleh masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Kerja Masyarakat (Pokmas) yang telah di-SK-kan oleh lurah masing-masing.

Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 16 tahun 2021 tentang pedoman pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

“Di dalam Perbup itu akan menjadi pedoman Pokmas untuk menggunakan anggaran kelurahan,” ujarnya.

Disinggung lagi terkait pengawasan dalam pengerjaan menggunakan dana kelurahan, dia menjelaskan, pihaknya akan melibatkan Unit Pengerjaan Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Dalam pengawasan kita melibatkan UPT PUPR Asahan sehingga pengerjaan nantinya akan bermutu,” ujarnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi