PKM FIB USU Adakan Pelatihan Dongeng Nusantara di Rupin Yafsi

PKM FIB USU Adakan Pelatihan Dongeng Nusantara di Rupin Yafsi
PKM dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara mengadakan pelatihan dongeng nusantara, kepada peserta Rupin Yafsi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Untuk menarik minat anak dalam literasi, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) mengadakan pelatihan dongeng nusantara, kepada peserta Rumah Pintar (Rupin) Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (Yafsi).

Ketua PKM FIB USU, M Pujiono mengatakan, kegiatan itu dilakukan agar anak-anak di Rumah Pintar Yafsi tidak lupa dengan dongeng-dongeng dalam negeri.

"Kami turut prihatin karena anak-anak sekarang lebih paham terhadap cerita-cerita kartun dari negara lain, seperti naruto, anime dan cerita lainnya yang ada di internet saat ini, tetapi sudah mulai lupa dengan dongeng-dongeng dalam negeri. Untuk meningkatkan literasi mereka terhadap cerita rakyat, maka mendongeng merupakan salah satu metode yang ampuh dalam menumbuhkembangkan daya nalar, rasa ingin tahu dan kreativitas anak," katanya, Sabtu (25/6).

Pujiono menambahkan, anak memiliki daya ingat yang kuat, maka penting kiranya meningkatkan minat literasi untuk anak-anak di Rumah Pintar Yafsi.

"Kami juga akan memberikan bahan bacaan yang berisi dongeng-dongeng nusantara, setelah membaca nanti mereka akan mempraktikkan bagaimana cara mendongeng dengan baik," tambahnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi