Patung Letjen Jamin Ginting Diresmikan, Terinspirasi dari Patung Sudirman

Patung Letjen Jamin Ginting Diresmikan, Terinspirasi dari Patung Sudirman
Peresmian patung Letjen Jamin Ginting (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Patung Letjen Jamin Ginting yang merupakan seorang pahlawan nasional Republik Indonesia (RI) dari Tanah Karo diresmikan di titik KM Nol Jalan Jamin Ginting, Selasa (28/6).

Patung pahlawan tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Sumut, Binsar Situmorang, Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, Bupati Tanah Karo, Corry Sebayang serta anak-anak dan cucu dari Letjen Jamin Ginting.

Usai diresmikan, Putri dari Jamin Ginting, Riahna Ginting merasa sangat bahagia. Sebab patung ayahnya tersebut berdiri tegak di titik KM Nol Jalan Jamin Ginting.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami dengan adanya patung tersebut. Sebab, kami memang susah payah mencari lokasi untuk didirikannya patung. Kami juga berterima kasih kepada Wali Kota Medan yang sudah mengizinkan patung itu berdiri di Jalan Jamin Ginting," katanya.

Riahna menuturkan bahwa berdirinya patung Jamin Ginting tersebut terinspirasi dari patung Jenderal Sudirman

"Maka, saya bilang kepada ibu saya yang waktu itu masih hidup untuk membuat patung di Jalan Jamin Ginting, tetapi Jalan Jamin Ginting tidak ada trotoarnya, jadi tidak bisa kesampaian. Namun tiba-tiba lokasi tempat dibangun ini kosong, jadi saya bilang untuk meletakkan patung Jamin Ginting ditempat saat ini dibangun," tuturnya. Sementara itu, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan kembali bagaimana perjuangan anak dari Letjen Jamin Ginting untuk bisa menempatkan patung ayahnya.

"Kita sudah dengar perjuangan pahlawan kita ini. Bagaimana perjalana dan kiprah pahlawan kita Jamin Ginting ini bisa dijadikan pedoman bagi kita semua untuk menjadi penyemangat. Kami di Kota Medan akan menjaga, baik itu segi fisik maupun kisahnya. Dengan melestarikannya melalui cerita perjalanannya," terangnya.

Sebelumnya, Staf Ahli Gubernur Sumut, Binsar Situmorang menyampaikan sambutan dari Gubernur Sumut dengan membacakan sekilas sejarah dari perjalanan karir Letjen Jamin Ginting. Mulai dari masa pergerakan hingga masa perjuangannya di negeri, khususnya Sumatera Utara.

"Kita mengharapkan dengan melihat patung ini tidak hanya mengenang tapi memecut diri kita untuk meneruskan semangat beliau berjuang bagi negeri ini," tambahnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi