Cegah PMK, Sapi Warga di Desa Sugiharjo Divaksinasi

Cegah PMK, Sapi Warga di Desa Sugiharjo Divaksinasi
Petugas saat melakukan vaksinasi pada ternak di Dusun V, Desa Sugiharjo, Kecamatan Batang kuis, Deliserdang, Senin (4/7). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batangkuis - Kepolisian Resor Kota Deliserdang dan Dinas Pertanian Deliserdang memvaksinasi hewan ternak di Dusun V, Desa Sugiharjo, Kecamatan Batang kuis, Deliserdang, Senin (4/7).

Kepala Kepolisian Resor Kota Deliserdang, Kombes Irsan Sinuhaji, menjelaskan tindak ini dilakukan untuk mencegah merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) khususnya pada hewan ternak berkuku belah.

"Kepada masyarakat, peternak apabila ada menemukan gejala penyakit yang dimaksud, agar melaporkan kepada Dinas Pertanian, dan diharapkan jangan dilepas ternaknya upayakan lakukan karantina dan tidak menyatukan dengan hewan yang sehat lainnya untuk menghindari penularan,” ujarnya.

Sedangkan sapi milik warga ini sudah dilakukan pengecekan Dinas Peternakan dan Pertanian kemudian sapi-sapi ini sudah disuntik vaksin demi terjaga kesehatannya.

Kepala Dinas Pertanian Deliserdang, RS Dongoran, mengaku sapi milik warga sudah dicek dan aman. Kendati demikian tetap di vaksin pada seluruh hewan yang ada, khususnya pada hewan yang berkuku belah seperti kambing, sapi, dan kerbau.

"Memang penyakit ini menular tapi tidak menularkan pada manusia. Jadi nanti kurban Insya Allah aman, yang penting dimasak secara benar, dan mendapat SKKH," pungkasnya.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi