Sembelih 4 Ekor Lembu, Berkurban Dapat Mempererat Silaturahmi

Sembelih 4 Ekor Lembu, Berkurban Dapat Mempererat Silaturahmi
Penyembelihan hewan kurban di Kantor Dinas Kehutanan Sumatera Utara, Minggu (10/7). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara menyembelih 4 ekor lembu saat Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7).

Kadis Kehutanan Sumut, Herianto, mengatakan ini hari besar umat Islam yang diseluruh penjuru dunia merayakannya. Perayaan Idul Adha dikenal juga sebagai hari raya Berkurban, di mana di dalammnya ada syariat Islam untuk melakukan penyembelihan kurban berupa domba atau kambing, sapi atau lembu ataupun kerbau serta unta bagi yang mampu melaksanakannya.

02 Jul 2023 12:35 WIB

PWI Sergai Sembelih 3 Ekor Hewan Kurban

01 Jul 2023 18:26 WIB

DPP JBMI Serahkan Sapi Kurban 

"Hal itu merupakan pelaksanaan sebagai bentuk tanda cinta umat islam kepada Allah SWT dan kepada sesama manusia dengan semangat berbagi. Hari ini kita lakukan penyembelihan hewan kurban berupa 4 ekor lembu," kata Herianto di Kantor Dinas Kehutanan Sumut.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, Herianto mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas terlaksananya penyembelihan hewan kurban tahun ini. Kadishut Sumut juga mengungkapkan hikmah yang besar menyangkut pentingnya ibadah kurban.

"Ibadah kurban tidak terlepas dari sosok yang luar biasa yaitu Nabi Ibrahim as dan anaknya Nabi Ismail. Keduanya merupakan manusia mulia yang keikhlasannya dalam menaati perintah Allah SWT dikenang hingga saat ini," ungkapnya.

Ibadah kurban, menurut Herianto, hendaknya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk taat kepada perintah Allah. Herianto juga menyarankan dan memotivasi seluruh pegawai dilingkungan Dinas Kehutanan Sumut untuk memiliki semangat berkurban.

"Setiap tahun kita melakukan penyembelihan hewan kurban, Alhamdulillah tahun ini kita dapat 4 ekor lembu kurban dan semoga tahun depan akan terus bertambah. Ini akan kita bagikan kepada semua pegawai dan pekerja di Dishut Sumut seperti para honorer, penjaga malam, security dan supir serta masyarakat disekitar yang wajib menerima hewan kurban," tuturnya.

Kadishut Sumut berharap dengan semangat berkurban ini dapat mempererat tali silaturahmi dan terciptanya kesolidan antara pegawai dilingkungan Dinas Kehutanan Sumut dan masyarakat.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Dishut Sumut, Taufiq Rahman menambahkan bahwa pelaksanaan penyembelihan dan pemotongan hewan qurban berjalan dengan aman dan lancar dan hasilnya akan dibagi sesuai yang berhak menerimanya.

"Sebanyak 318 kupon dibagikan kepada seluruh pegawai, pekerja dan masyarakat sekitar kantor," tambahnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi