Disdik Batubara Sembelih 16 Ekor Sapi

Disdik Batubara Sembelih 16 Ekor Sapi
Sembelih sapi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batubara - Dalam rangka merayakan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah, Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara menyembelih 16 ekor sapi di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Selasa (12/7).

Bupati Batubara, Zahir, selalu mengimbau OPD agar selalu berbagi kapan saja apalagi di saat suasana pandemi Covid-19. Hari Raya Idul Adha ini merupakan salah satu waktu yang tepat sebagai momen dan semangat berbagi untuk semua.

“Karena daging kurban tidak hanya disantap bersama keluarga, tapi juga dibagikan kepada tetangga, saudara, kerabat, serta orang-orang yang membutuhkan,” kata Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus, usai menyaksikan penyembelihan hewan kurban keluarga besar Dinas Pendidikan di Halaman Dinas Pendidikan Batubara, Selasa (12/7).

Berkurban menurut mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Pemprovsu ini adalah wujud ketaatan dan ke ikhlasan serta keteladanan seorang hamba Allah bernama Nabi Ibrahim AS bersama anak kesayangannya Ismail.

Wujud tersebut merupakan hal paling berat dan butuh keberanian sebagai manusia. Melalui berkurban dengan hewan yang telah disyariatkan pula, manusia diajarkan untuk mengorbankan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada sesama.

Ilyas menuturkan juga bahwa manusia dilahirkan ke muka bumi untuk mengalami ujian, termasuk ujian dalam kepemilikan harta dan benda. Meski demikian, manusia harus menyadari bahwa harta tersebut hakikatnya tidak seutuhnya dimiliki, karena semua hanya titipan dari yang Maha Kuasa.

Oleh karenanya, ia meminta keluarga besar Dinas Pendidikan mengambil hikmah atau memetik pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim tersebut.

“Setiap kita adalah Ibrahim. Sesungguhnya Ibrahim tidak diperintah Allah untuk mengikhlaskan Ismail, Ibrahim hanya diminta Allah yang Maha Besar untuk menghapus rasa kepemilikan terhadap Ismail. Pada hakikatnya semua adalah milik Allah pencipta alam semesta,” papar Ncekli safaan akrab Kadisdik Batubara.

(AP/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi