Vaksin Diberikan ke Hewan Sehat, Belum Terjangkit PMK

Vaksin Diberikan ke Hewan Sehat, Belum Terjangkit PMK
Pemberian vaksin (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Secanggang - Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok, memantau pelaksanaan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak di Dusun Pasar XII, Desa Suka Mulia, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

Di sela pemberian vaksin PMK, Kepala Bidang Kesehatan hewan (Kabid Keswan) Peternakan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) drh Tesra menjelaskan, penyebaran vaksin perdana PMK dilakukan secara serentak di Kabupaten/Kota dengan melakukan pemetaan di setiap wilayah, dengan tingkat populasi sapi terbanyak.

“Vaksin PMK diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terkena virus PMK. Sapi yang sudah terkena virus PMK, maka sudah terbentuk antibodi di dalam tubuhnya," ujar Tesra, Kamis (14/7).

Adapun stok vaksin yang sudah diterima sebanyak 11.600 dosis, yang akan disebar di 28 kabupaten/kota. Masih keterangan drh Tesra, jumlah hewan yang berada di Provinsi Sumut sebanyak 2,5 juta yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi.

Sapi dan kerbau yang terjangkit PMK sebanyak kurang lebih 14. 952 ekor, sedangkan jumlah sapi dan kerbau yang sembuh sebanyak 10.140 ekor, serta dalam masa penyembuhan 4.754 ekor.

Sementara itu kegiatan vaksin terhadap ternak lembu di Kecamatan Secanggang pada hari ini terbagi menjadi 5 tim di satu kelurahan dan empat desa, yakni Kelurahan Hinai kiri, Desa Suka Mulia, Desa Teluk, Desa Karang Gadingc dan Desa Secanggang.

Masing masing tim memvaksin lembu sebanyak 100 dosis. Jenis vaksin Altopor, dengan total yang akan divaksin sebanyak 500 dosis. Kemudian Jumat (15/7) akan dilakukan kembali vaksin PMK di Desa Telaga Jernih dengan menggunakan sebanyak 100 dosis.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi