Kubahsentang Sambut Tahun Baru Islam dengan Zikir Bersama

Kubahsentang Sambut Tahun Baru Islam dengan Zikir Bersama
Zikir Bersama diinisiasi program kolaborasi Ikatan Remaja Masjid Jami (Irmaja) dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 33 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Pantailabu - Kedatangan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah disambut sukacita masyarakat Desa Kubahsentang, Kecamatan Pantailabu, Kabupaten Deliserdang, dengan menggelar zikir bersama di Masjid Jami, Dusun II, Jumat (29/7) malam.

Zikir Bersama diinisiasi program kolaborasi Ikatan Remaja Masjid Jami (Irmaja) dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 33 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU).

Ketua Irmaja Muhammad Ramazi mengatakan, zikir akbar bersama merupakan program rutin tahun setiap malam Tahun Baru Islam. Program ini juga mendukung kebijakan dari pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jami dalam upaya memakmurkan masjid dan pemberdayaan umat bernilai ibadah.

"Kita selalu buat zikir bersama ini setiap malam tahun baru Islam," terangnya.

Kegiatan zikir bersama tahun ini semakin semarak dengan dukungan dari mahasiswa KKN dan menjadi program kolaborasi irmaja dengan mahasiswa KKN selain sejumlah kegiatan lainnya.

Ketua KKN Kelompok 33 UIN-SU, Rizki Ramadani menuturkan, ini menjadi kegiatan yang turut mendukung program mereka selama melakukan pengabdian KKN di Kubahsentang selama 30 hari.

"Kami senang bisa berkolaborasi dalam kegiatan-kegiatan seperti ini," ucapnya.

Gebyar Muharram

Selain mendukung program yang sudah ada, mahasiswa KKN Kelompok 33 UIN-SU dengan Irmaja juga sudah sepakat menggagas kegiatan kolaborasi bertajuk "Gebyar Muharram 1444 Hijriah" yang akan digelar Minggu (31/7) dipusatkan di Masjid Jami dan gedung PAUD Kubahsentang.

Kegiatannya meliputi perlombaan untuk anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat dengan 5 cabang perlombaan yakni, azan (putra), hapalan surat pendek (putra/putri), praktik salah fardhu (putta/putri), busana muslim (putra/putri) dan mewarnai.

Ditambahkan Ramaji, kolaborasi Gebyar Muharram 1444 Hijriah juga dirangkai dengan penyantunan anak yatim yang turut didukung program "Gerakan Pantailabu Bersedekah", BKM Jami Kubahsentang, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DeliSerdang serta masyarakat.

Pada malam puncaknya juga akan ditampilkan hiburan religi kolaborasi mahasiswa KKN dengan anggota Irmaja serta ceramah agama serta pengumuman juga pembagian hadiah para pemenang lomba.

Zikir Akbar bersama dipandu Ketua BKM Jami Amirul Khair dan Ketua KKN Kelompok 33 UIN-SU turut dihadiri Kepala Dusun II Abdul mewakili Kepala Desa Kubahsentang, Wakil Ketua BKM Jami Syamsul Bahri dan sejumlah pengurus serta masyarakat setempat.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi