Puncak HUT ke-42 Pujakesuma, Perkuat UMKM Akan Kelola Pabrik Minyak Makan Merah

Puncak HUT ke-42 Pujakesuma, Perkuat UMKM Akan Kelola Pabrik Minyak Makan Merah
Puncak HUT ke-42 Pujakesuma di Binjai. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Kehadiran Paguyuban Keluarga Besar Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) dinilai sangat aktif dalam perkuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi di Indonesia. Terbukti, kehadiran keluarga besar Pujakesuma memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk masyarakat mengembangkan usahanya.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM melalui Staf Ahli Menteri, M Riza Damanik pada kegiatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 42 Pujakesuma, di Lapangan Merdeka Binjai, Minggu (31/7).

"Pak menteri berpesan Pujakesuma harus semakin kompak, guyub, dan turut berpartisipasi dalam perkuat UMKM dan koperasi kita. Ini merupakan perayaan HUT Pujakesuma yang serentak digelar di seluruh wilayah untuk pertama kali. Ini tentu salah satu ajang yang sekaligus memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Riza Damanik.

Dikatakan Riza, salah satu bentuk konkret paguyuban Pujakesuma dalam mendorong pengembangan UMKM dan koeprasi khususnya di Sumut yakni ikut mendaftarkan nomor induk berusaha bagi 1.000 pelaku usaha binaan Pujakesuma. Pujakesuma juga aktif mengembangkan koperasi dengan memiliki sekretariat koperasi yang berada di dekat Bandara Kualanamu, Deliserdang. Keberadaan koperasi tersebut nantinya juga bisa memfasiltiasi produk pelaku UMKM hingga mendunia.

"Di masa COVID -19 sebelumnya sampai saat ini yang membuat ekonomi kita tetap bertahan karena UMKM. Kami juga mengajak seluruh instansi pemerintah untuk meningkatkan belanja dengan membeli produk UMKM buatan dalam negeri. Ini juga bagian untuk membantu ekonomi mandiri, kuat, dan berkelanjutan," katanya.

Ketua DPP Pujakesuma, Eko Sofyanto mengatakan, dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional, Pujakesuma juga mendapat kepercayaan dari pemerintah menjadi salah satu pengelola pabrik minyak makan merah. Hal itu ditandai dengan rencana peletakan batu pertama (groundbreaking) pabrik milik Pujakesuma di Kecamatan Merbau, Deliserdang, yang rencananya dihadiri langsung presiden Jokowi pada Oktober 2022.

“Pujakesuma dipercaya akan membuat pabrik minyak makan merah dan diupayakan Presiden pada Oktober akan hadir dan meletakkan batu pertama pembangunan pabrik Koperasi Pujakesuma di Kecamatan Pagar Merbau. Kami juga memberikan ruang bagi bapak dan ibu yang memiliki produk – produk UMKM untuk bisa dijual melalui Koperasi Pujakesuma yang ada di kawasan dekat Bandara Kualanamu,” kata Eko.

Sementara Walikota Binjai yang juga Ketua Pembina Pujakesuma, Amir Hamzah mengatakan saat ini 52 persen dari jumlah penduduk di Binjai adalah suku Jawa. Meski mendominasi, namun kehadiran Pujakesuma mampu menjaga nilai – nilai luhur budaya asli dan bersahabat baik dengan suku lainnya.

"52 persen penduduk Binjai adalah suku Jawa, disamping Melayu, Karo, Minang, dan lainnya. Semoga paguyuban Pujakesuma sukses dan bisa terus menjaga nilai - nilai luhur budaya Jawa," harap walikota.

Sebelumnya peringatan HUT ke -42 Pujakesuma dirangkai dengan kegiatan kirab budaya dan jalan sehat yang diikuti puluhan ribu masyarakat. Turut hadir Ketua DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Sumut Khairum Rizal, Ketua DPW Paguyuban Pujakesuma Banda Aceh, Suprianto, kemudian Ketua DPD Pujakesuma Kota Binjai Eka Edi Saputra serta Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten/Kota. Hadir juga Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Dandim 0203/Langkat Kol Inf Eko Prasetyo, Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, serta Plt Walikota Tanjungbalai Waris Thalib.

Selain kirab budaya dan jalan santai, kegiatan juga dirangkai dengan pameran Bazar UMKM, serta posko layanan pemeriksaan kesehatan. Pada akhir kegiatan panitia juga membagikan hadiah doorprize kepada masyarakat berupa satu unit mobil, lima paket umrah, dan sepeda serta barang elektronik lainnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi