Hari ke-8 AUG 2022, Indonesia Raih 87 Medali, Cabang Renang Terbanyak

Hari ke-8 AUG 2022, Indonesia Raih 87 Medali, Cabang Renang Terbanyak
Hari ke-8 AUG 2022, Indonesia Raih 87 Medali, Cabang Renang Terbanyak (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Bangkok – Hingga hari kedelapan pelaksanaan ajang ASEAN University Games (AUG) ke-20 yang saat ini masih berlangsung, mahasiswa Indonesia berhasil meraih 87 medali dengan rincian 30 medali emas, 28 medali perak, dan 29 medali perunggu dari 10 cabang olahraga (cabor) yang diikuti oleh Kontingen Indonesia. AUG dimulai sejak 24 Juli hingga 7 Agustus 2022, di Ubon Ratchathani, Thailand.

AUG merupakan acara olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari universitas negara-negara anggota ASEAN. Sebanyak 23 cabang olahraga akan dilombakan pada ajang ini. Di ajang AUG tersebut, cabang renang dipertandingkan pada tanggal 26 Juli hingga 30 Juli, dimana mahasiswa Indonesia meraih 10 medali.

Dimulai dengan raihan 2 medali emas yang diboyong oleh mahasiswa LSPR Institute of Communication and Business, Farrel Armandio Tangkas pada nomor 200 meter gaya punggung putra dan mahasiswa Universitas PGRI Mahadewi Indonesia, Pande Made Iron Digjaya pada nomor 200 meter gaya dada putra.

Tak hanya raihan medali emas, empat medali perak juga berhasil diraih oleh mahasiswa Universitas Sampoerna, Nicholas Karel Subagyo pada nomor 400 meter gaya bebas putra; mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Andi Muhammad Nurrizka pada nomor 200 meter gaya dada putra; mahasiswa LSPR Institute of Communication and Business, Azzahra Permatahani pada nomor 200 meter gaya dada putri; dan mahasiswa Perbanas Institute, Angel Gabriella Yus pada nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri.

Selain itu, empat medali perunggu turut disumbang oleh mahasiswa Universitas Bina Nusantara, Joe Aditya Wijaya Kurniawan pada nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra; Prada Hanan Farmadini pada nomor 400 meter gaya bebas putri, Azzahra Permatahani pada nomor 200 meter gaya dada putri, yang keduanya adalah mahasiswa LSPR Institute of Communication and Business, dan yang terakhir adalah mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, Nurita Monica Sari pada nomor 200 meter gaya dada putri.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asep Sukmayadi menyampaikan apresiasi kepada atlet, pelatih, dan seluruh pihak yang sudah turut berperan aktif mulai dari persiapan hingga bergulirnya kompetisi.

“Perolehan sepuluh medali ini menjadi awal yang positif. Para atlet menunjukkan yang terbaik dalam perhelatan olahraga internasional yang telah dua tahun tertunda penyelenggaraannya. Semoga perolehan ini dapat menjadi pembuka yang baik untuk cabang olahraga lainnya,” ujar Asep Sukmayadi di Jakarta, Minggu (31/7).

Tercatat, selain cabor renang, Kontingen Indonesia turut menyumbang berbagai medali seperti pada cabor atletik, badminton, panahan, dan panjat tebing.

Sebanyak 10 cabor akan diikuti oleh atlet Indonesia seperti, cabor atletik, renang, badminton, panahan, panjat tebing, pencak silat, karate, taekwondo, wushu, dan petanque. Para atlet juga dibantu oleh 7 International Technical Officer (ITO), dan 32 Officials. Adapun daftar perguruan tinggi yang mengirimkan perwakilan atlet dapat dilihat melalui lampiran terpisah.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi