Kejurnas Semarang 2022, Atletik Sumut Tambah Tiga Medali Emas

Kejurnas Semarang 2022, Atletik Sumut Tambah Tiga Medali Emas
Pelari Sumut Fadhil Aulia Mufti podium pertama lari 5000m U-20 putra Kejurnas Atletik 2022 di Semarang, Senin (8/8) (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kontingen Sumut mencatat hasil menggembirakan di pelaksanaan hari ketiga Kejurnas Atletik U-18, U-20 dan Senior, Senin (8/8) di Stadion Tri Lomba Juang Semarang.

Sumut yang hadir dengan kekuatan 20 atlet, pada lomba Senin kemarin berhasil meraih 3 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Tiga medali emas Sumut masing-masing disumbangkan Fadhil Aulia Mufti dari nomor lari 5000m U-20 putra dengan catatan waktu 16 menit 04,16 detik, Bagas Simanjuntak 1500m U-20 putra (4.11.09) dan M Syahrial Bakti (tolak peluru senior putra) dengan tolakan 16.09meter.

Sementara dua perak disumbangkan Dwi Dermawan (tolak peluru U-20, 14,46meter) dan Syahnan Lompat Jangkit senior putra, ). Sedangkan satu perunggu oleh Berman Siahaan (5000m putra senior).

Hasil ini menjadikan Sumut untuk sementara sudah me-ngumpulkan 3 emas 2 perak dan 1 perunggu, setelah pada lomba hari kedua Minggu kemarin, Syafaat Tarigan lebih dulu menyumbangkan medali perak dari nomor jalan cepat 20km putra senior.

Tim Manejer Atletik Sumut Drs Suhardjo MPd ketika dihubungi dari Medan bersyukur dan bersukacita, kontingen yang dipimpinnya sementara ini sudah meraih hasil menggembirakan. “Alhamdulillah, raihan 3 emas 2 perak dan 1 perunggu sementara ini sudah cukup baik. Kami berharap raihan medali ini bisa terus bertambah,” ujarnya.

Suhardjo juga memuji semangat bertanding para atletnya, khususnya di U-20. Hal ini menurutnya, selain doa seluruh warga Sumut, juga tidak terlepas dari dukungan dan motivasi Ketua Umum Pengprov PASI Sumut dr David Luther yang Minggu kemarin memotivasi para atlet di penginapan kontingen.

Didampingi Pelatih Yosef Lummy, Sinung Nurgroho, Lilik Harianto, Edy Harianto Harapap, dan Antonius Meliala, Suhardjo membenarkan, para patriot atletik peraih medali Sumut ada yang masih tercatat sebagai anggota PPLP Sumut serta ada juga yang alumni PPLP Sumut. “Bahkan di antara mereka ada yang tercatat atlet non Pelatda, seperti Fadhil Aulia Mufti,” tambahnya.

Gembira

Secara terpisah Pelatih Kepala PPLP Sumut H Irwan Pulungan S.Sos ketika dihubungi di Medan juga mengaku bersyukur dan gembira dengan capaian sementara kontingen atletik Sumut di Kejurnas 2022 Semarang.

Irwan bahkan memiliki penilian tersendiri terhadap Fadhil yang meraih medali emas 5000m U-20 putra. Menurutnya, pelari jebolan PPLP Sumut asal Deliserdang, pantas nantinya diusulkan masuk Pelatda persiapan PON XXI/2024. “Usianya masih muda. Ia salah atlet yang diproyeksi meraih medali di PON 2024 mendatang,”ujar Irwan yang di PPLP Sumut menangani atlet bersama Edy Hariyanto Harahap, Sukraj Singh, Saddan Harahap dan Pelatih Fisik Mulia Harahap.

“Fadhil kita usulkan diikutkan dalam Kejurnas ini saat Ketua Pengprov PASI Sumut dr David Luther berkunjung ke PPLP Sumut didampingi Kepala UPT Kebakatan Apri Sugiarto. Usulan tersebut diterima, alhamdulillah hasilnya juga maksimal, ia berhasil mempersembahkan medali emas,” ujarnya.

“Kita bersukacita pembinaan yang dilakukan di PPLP Sumut membuahkan hasil membanggakan. Sebab selain Fadhil, Bagas Simanjuntak dan Syahrial juga adalah alumni PPLP, demikian juga dengan Syafaat Tarigan. Bahkan Dwi Dermawan sampai saat ini masih tercatat sebagai atlet binaan PPLP Sumut,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum Pengkab PASI Deliserdang Drs Zainal Abidin Hutagalung dan Bendahara Nuriyoto juga menyambut gembira atas sukses Fadhil meraih medali emas di Kejurnas ini.

Fadhil menurut Zainal dan Nuriyoto, adalah atlet yang diandalkan Deliserdang untuk memberi sumbangsih medali pada Porprovsu 2022 Oktober mendatang.

(MP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi