Bupati Tapsel Panen Perdana Bawang Merah

Bupati Tapsel Panen Perdana Bawang Merah
Bupati Tapsel Panen Perdana Bawang Merah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu panen perdana bawang merah di Kampung Saba Tolang, Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Sabtu (20/8).

Dalam sambutannya Dolly Pasaribu mengimbau, agar segenap masyarakat bisa memanfaatkan lahan, semaksimal mungkin untuk dapat ditanami dengan berbagai tanaman obat keluarga seperti yang dilakukan para orang tua di masa lalu.

Dijelaskan, tanaman yang sarat akan manfaat itu seperti apotek hidup yang menjadi pertolongan pertama ketika sakit.

"Semoga panen perdana bawang merah ini, bisa mengajak masyarakat lain untuk menanam bawang," ujarnya.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, kehadiran pihaknya dalam panen bawang perdana ini merupakan wujud perhatian Pemkab Tapsel dalam memajukan perekonomian masyarakat, khususnya di bidang pertanian.

"Seperti niat saya saat maju sebagai Bupati Tapsel lalu, masyarakat adalah ladang amal dan jihad, sehingga segala sesuatu yang saya sentuh dari masyarakat bisa menjadi pahala bagi kami," ungkapnya.

Di sisi lain, Dolly mengharapkan Desa Sarogodung bisa menstimulus ekonomi masyarakat Tapsel pada umumnya.

Terkait persoalan pupuk yang dikeluhkan karena kian sulit dan dibatasi oleh pemerintah, Bupati mendorong masyarakat untuk dapat menghasilkan pupuk organik, apalagi Desa Saragodung berpotensi hasilkan pupuk organik.

"Sudah dilakukan penelitian bahwa penggunaan pupuk kompos dapat menghasilkan tanaman yang lebih baik," katanya.

Sementara, Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu, mengatakan, sebuah sektor pertanian bisa meraih sukses bila dari pemerintah dan masyarakatnya saling memberi dukungan.

"Bila semua pihak seperti, pemerintah, masyarakat, serta PPL, saling mendukung, dengan kebersamaan, kemauan, dan kegigihan, niscaya akan meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Tapsel Bismark Muaratua melaporkan, kegiatan serupa telah dilaksanakan di 3 titik.

"Jadi panen kita hari ini ialah bawang berat basah. Secara teori bisa sampai menyusut 25 sampai 40 persen tergantung pada iklim, jika cuaca hujan, berat basah akan tinggi begitu juga sebaliknya. Ini juga merupakan hasil dari kunjungan kami ke Wonosobo dan Temanggung," terangnya.

Acara dirangkai penyerahan hasil panen bawang dari Ketua Kelompok Tani Desa Sarogodung Muhammad Subuki kepada Bupati Tapsel yang di dampingi Ketua TP PKK Tapsel.

Serta penyerahan alat olahraga kepada Karang Taruna Desa Sarogodung serta bingkisan kepada anak-anak.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi