Dihadiri Ketum PP Muhammadiyah, UMSU Kukuhkan Prof Akrim Jadi Guru Besar Ilmu Pendidikan

Dihadiri Ketum PP Muhammadiyah, UMSU Kukuhkan Prof Akrim Jadi Guru Besar Ilmu Pendidikan
Dihadiri Ketum PP Muhammadiyah, UMSU Kukuhkan Prof Akrim Jadi Guru Besar Ilmu Pendidikan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof Akrim, dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu pendidikan melalui rapat senat yang digelar Jumat (2/9) di auditorium Kampus, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Kota Medan.

Acara dihadiri langsung Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nasjir, dan Ketua Umum Aisyiah, Siti Noordjannah Djohantini. Turut hadir Wakapolda Sumut, Brigjend Pol Dadang Hartanto, Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, para wakil rektor, tokoh masyarakat dan agama.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Haedar Nasir, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Prof Akrim yang di sela kesibukan sebagai Wakil Rektor II mampu meraih jenjang kepangkatan guru besar.

"Selamat kepada Prof Akrim yang berhasil dikukuhkan sebagai guru besar ke-10 UMSU. Selain itu juga, Prof Akrim tercatat sebagai rektor termuda UMSU. Semoga ilmunya bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Haedar juga mengucapkan selamat kepada UMSU yang terus berkembang dengan berbagai capaian prestasi. UMSU menjadi salah satu universitas kebanggaan di luar Pulau Jawa yang terus bergerak maju.

Dijelaskan, dalam laporan majelis Diktilitbang, saat ini terdapat 21.021 dosen di bawah persyarikatan dan di antaranya sebanyak 2.889 bergelar doktor dan 232 guru besar atau profesor.

"Doktor merupakan gelar akademik tertinggi, dan profesor itu kepangkatan akademik tertinggi, di mana sekarang secara khusus memang untuk jadi guru besar itu harus melalui doktor belum termasuk para guru besar yang bergabung di University Muhammadiyah Malaysia,” katanya.

Dibukanya Universitas Muhammadiyah Malaysia ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah terus berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia yang dirasakan masih jauh dari harapan.

"Pendidikan kita masih berada di bawah negara-negara ASEAN yang lain, bukan karena kita tidak punya potensi sumber daya manusia yang hebat atau potensial, tapi boleh jadi karena strategi pendidikan kita itu belum akseleratif," katanya.

Rektor UMSU, Prof Agussani mengungkapkan, upacara pengukuhan guru besar sebagai bentuk komitmen dalam membangun dan mengembangkan sumber daya dosen, sekaligus menjawab tuntutan akreditasi. Pihaknya terus melakukan percepatan guna mendorong para dosen untuk menaikan jabatan akademik.

Ada sejumlah dosen, termasuk Wakapolda Sumut Brigjend Pol Dadang Hartanto yang juga dosen UMSU dalam proses meraih guru besar.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, akan ada lagi pengukuhan guru besar. Kita tunggu Wakapolda Sumut, Brigjend Dadang Hartantanto yang saat ini dalam proses pengurusan guru besar," kata Rektor.

Dalam kesempatan itu, Rektor menjelaskan berbagai capaian prestasi nasional, regional dan internasional. Catatan prestasi yang diraih mahasiswa UMSU ini sejalan dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat.

Prof Akrim dalam pidato pengukuhan mengangkat judul “Konstruksi Ilmu Pendidikan Profetik Integralistik Paradigmatik Nilai Humanis-Sosiologis dan Teologis-Islamistik.”

"Berdasarkan latar sejarah, pendidikan Islam mampu mengantarkan umat muslim ke masa keemasannya pada abad-abad pertengahan," katanya.

Menurut Akrim, kemajuan pendidikan Islam salah satunya karena mengedepankan nilai-nilai parenial seperti nilai-nilai profetik yang melahirkan kesadaran kemanusiaan seiring dengan tumbuhnya kesadaran ketuhanan pada diri subjek pendidikan secara simultan.

“Dengan kata lain tumbuh kembangnya dua kesadaran ini tidak terpisah dan bersifat dikotomis,” ujarnya.

Dijelaskan pula, konsep Insan Kamil terbentuk dari konstruksi khalifah dan Abdullah yang memiliki keseimbangan orientasi. Pendidikan Islam memiliki fungsi dan peran strategis untuk membantu mengembangkan serta melestarikan nilai-nilai profetik namun di satu sisi pendidikan Islam perlu membangun Nalar positifistik untuk kepentingan bumi dan tidak hanya memfokuskan diri pada dimensi langit.

Lebih lanjut, pendidikan harus meliputi semua kepentingan yang bersifat keduniawian dan keakhiratan dan secara terperinci terdiri atas 3 entitas relasional yaitu Tuhan, manusia dan alam. Pendidikan memang tidak hanya sebagai kawah Candradimuka transmitter ilmu pengetahuan tetapi juga pembentuk subjek pendidikan untuk mengetahui esensi dan hakikat dirinya.

"Harusnya pendidikan Islam diorientasikan untuk mengejawantahkan nilai-nilai ketuhanan dan juga menginternalisasikan sifat-sifat Tuhan dalam diri subjek pendidikan. Artinya pendidikan Islam perlu melakukan upaya mentransformasi diri subjek pendidikan menuju ke dimensi kesempurnaan kemanusiaan mereka yang didalamnya ada potensi ketuhanan," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi