Tekanan Pasar Berlanjut, Ekspor Karet Sumut Anjlok Kembali

Tekanan Pasar Berlanjut, Ekspor Karet Sumut Anjlok Kembali
Tekanan Pasar Berlanjut, Ekspor Karet Sumut Anjlok Kembali (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Volume ekspor karet Sumatera Utara (Sumut) pada Agustus 2022 kembali anjlok menjadi 29.005 ton atau turun 7,33% dibandingkan Juli 2022. Namun, bila dilihat total volume Januari-Agustus 2022 sebesar 249.908 ton ada kenaikin tipis sebesar 1,69 % dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut, Edy Irwansyah menjelaskan, penurunan ini dipicu dari tekanan harga di pasar global yang terus berlanjut turun. Keadaan ini diikuti oleh pihak pabrik ban selaku konsumen utama dengan aksi mengurangi pembelian dari Indonesia.

“Penurunan permintaan ini oleh pabrik pengolahan karet diikuti dengan mengurangi produksinya,” kata Edy, Kamis (8/9).

Pemenuhan kebutuhan karet remah (crumb rubber) oleh pabrik ban dunia belakangan ini lebih banyak dari Thailand yang harganya lebih murah dan juga biaya logistiknya lebih murah.

Negara tujuan ekspor bulan Agustus sebanyak 29 negara. Adapun 5 negara tujuan ekspor utama karet SUMUT adalah : 1) Jepang (29,9%), 2) Brazil (10,3%), 3) Turki (9,2%), 4) Kanada (6,1%), dan 5) China (5,9%).

“Harga rata-rata harga TSR-20 FOB Singapura di SGX (Singapore Exchange) pada Juli tercatat 158,72 sen AS per kg, pada Agustus mengalami penurunan kembali menjadi 148,31,” terangnya.

Dalam sejarahnya, ITRC (International Tripartite Rubber Council) telah enam kali melakukan pengendalian harga. Pengendalian yang ke-enam melalui skema AETS (Agreed Export Tonnage Scheme) atau pembatasan eskpor dilakukan pada April s/d Juli 2019.

Fenomena Sunset Indutri Karet Remah (Crumb Rubber) di Indonesia

Disebutkan Edy, industri pengolahan karet remah di Indonesia 5 tahun belakangan ini semakin sulit berkembang, khsusunya di Sumut. Fenomena sunset industri di crumb rubber sudah mulai terlihat, diantaranya dapat dilihat dari luas kebun karet yang terus menurun, permintaan dunia yang cenderung berkurang. Sementara itu konsumsi dunia terus meningkat.

“Menurut ANRPC (Association of Natural Rubber Producing Countries) bahwa pertumbuhan konsumsi karet alam pada 2022 diperkirakan 3,7%,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi