Bagaimana ERP Bantu Industri Logistik Mengoptimalkan Bisnisnya?

Bagaimana ERP Bantu Industri Logistik Mengoptimalkan Bisnisnya?
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Apabila Anda membutuhkan solusi untuk mempermudah aliran informasi di dalam perusahaan terutama di industri logistik, sangat disarankan untuk menggunakan software Enterprise Resource Planning (ERP).

Cakupan manajemen di industri logistik meliputi koordinasi dan perpindahan barang dari pemasok ke pelanggan atau gudang/toko tertentu. Kompleksitas yang ada dalam kegiatan bisnis di industri logistik bisa Anda sederhanakan dengan ERP.

Lalu bagaimana ERP dapat membantu mengoptimalkan bisnis di perusahaan logistik? RedERP akan menjawabnya dalam artikel yang sudah dirangkum berikut ini. Baca sampai tuntas, ya!

Komponen Dalam Perusahaan Logistik

Koordinasi antar lini yang ada di dalam industri logistik haruslah dibuat lebih transparan agar jika terjadi kesalahan, dapat segera diambil keputusan untuk ditindaklanjuti. Untuk menyederhanakan prosesnya, Anda perlu menggunakan teknologi software ERP untuk mengoptimalkan.

Sebelum itu, Anda harus mengetahui dulu beberapa komponen yang ada di dalam perusahaan logistik, yaitu:

  • Transportasi inbound atau outbond
  • Manajemen transportasi
  • Pengelolaan material
  • Produksi dan packaging
  • Manajemen inventaris
  • Keamanan produk atau barang
Cara ERP Bantu Industri Logistik

Melalui sistem ERP, otomatisasi manajemen logistik mampu meningkatkan efektivitas dan produktivitas perusahaan dan meminimalkan risiko serta biaya pengeluaran.

Jika Anda bertanya-tanya, kenapa bisa demikian? Jawabannya karena sistem ERP menyajikan data secara akurat dan real-time sehingga memudahkan atasan atau pihak yang bertanggung jawab mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Mereka tidak perlu lagi menunggu informasi dan feedback karena seluruh riwayat operasi bisnis yang sudah dijalankan tersimpan dalam sistem.

Tidak hanya itu, sistem ERP bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan memungkinkan untuk personalisasi software agar bisa mengikuti pola kerja yang diterapkan perusahaan.

Sistem ERP menyediakan beberapa aplikasi pendukung memaksimalkan operasional bisnis di perusahaan logistik, diantaranya:

  • Distribusi
  • Manajemen inventaris
  • Manajemen SDM
Optimasi Persediaan Barang Secara Penuh

Salah satu kelebihan dari sistem ERP adalah sistemnya yang tersentralisasi. Seluruh informasi dibutuhkan perusahaan logistik bisa dengan mudah didapatkan dalam satu wadah, mulai dari pesanan, data penjualan, distribusi barang, dan lain-lain.

Dengan demikian, memungkinkan perusahaan membuat memprediksi pesanan dan pengiriman untuk beberapa waktu yang akan datang. Kemudian, keunggulan lainnya yang diberikan sistem ERP, yakni business intelligence-nya yang sangat berharga. Program ini juga mampu mengidentifikasi ketersediaan inventaris yang mulai menipis, mengelola pengadaan yang datang dari supplier dan distribusi ke pelanggan.

Semua aktivitas tersebut dapat dilakukan di perangkat manapun.

Proses Distribusi Lebih Terkendali

Dalam perusahaan logistik, distribusi merupakan aspek yang sangat penting karena mencakup pengiriman barang dan manajemen transportasi. Sedangkan, sistem ERP memberikan solusi untuk mengatur distribusi lebih efektif dengan cara mengumpulkan seluruh informasi yang diperlukan di central hub.

Informasi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan penanganan dan pengiriman barang yang ada di pusat distribusi serta memastikan barang tersebut sampai ke tangan konsumen tepat waktu. Selanjutnya, sistem ERP turut memfasilitasi komunikasi yang dilakukan antara supplier, retailer, distributor, dan juga supir. Tujuannya untuk berbagi informasi, mulai dari alamat tujuan, barang yang diangkut, gps, dan lain sebagainya.

Manajemen Staf Jadi Lebih Optimal

Sementara untuk lini sumber daya manusianya, sistem ERP dapat membantu perihal manajemen pegawai karena terintegrasi dengan aplikasi HRM. Integrasi ini mampu mengatur jadwal kerja, kelola cuti, dan kinerja karyawan.

Bagaimana dengan penyimpanan datanya? Tak perlu khawatir, karena software ini mampu menyimpan data dengan aman dan back up data. Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mati listrik atau peretesan, cloud ERP dapat mengenkripsi data guna mencegah terjadinya pencurian data yang sifatnya sensitif.

Kesimpulan

Perusahaan yang bergerak di industri logistik dapat beroperasi dengan lancar dan efisien apabila ada pendekatan kepada manajemen. Semakin mudah arus informasi yang diterima perusahaan, maka semakin tinggi pula keuntungan yang didapat perusahaan dan pelanggan.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengelola stok barang di gudang perusahaan Anda. Inilah saat yang tepat untuk beralih menggunakan aplikasi logistik dari RedERP.

Aplikasi RedERP ini mampu melacak penerimaan barang lebih mudah dengan barcode. Selain itu, Anda pun dapat memperkirakan stok barang yang harus disediakan untuk beberapa periode ke depan.

Tertarik untuk mencoba software ERP dari RedERP? Anda bisa mencoba demonya sekarang juga atau mendapatkan informasi lebih lengkap dengan menghubungi kontak di website RedERP.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi