Kongres IKA IV FIB USU Secara Musyawarah Hasilkan Pengurus Periode 2021-2026

Kongres IKA IV FIB USU Secara Musyawarah Hasilkan Pengurus Periode 2021-2026
Pengurus IKA FIB USU Periode 2021-2026 diabadikan bersama Dewan Pembina. (Analisadaily/Bambang Riyanto)

Analisadaily.com, Medan - Kongres IKA IV Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) menghasilkan pengurus periode 2021 - 2026 secara musyawarah mufakat dalam Sidang Rapat Pleno yang dipimpin Ketua Dewan Pembina Drs Harun Al Rasyid, Sabtu (24/9/2022) di Medan Club.

Adapun pengurus yang dihasilkan dalam musyawarah mufakat itu adalah Ketua Dewan Pembina Drs. Muhammad Syahrir, MIKom, Ketua Umum Apriadi Gunawan, Sekretaris Panut Hadisiswoyo dan Bendahara Syaiful Amri Sambas.

Bertema Mengumpulkan yang Terserak, kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian Rahma Yurliani S.Psi., M.Psi., Wakil Sekretaris Umum Pengurus Pusat IKA USU Khairul Munadi S.H, M.H, Ketua IKA USU Wilayah Sumut Dr Ir HT Erry Nuradi MSi, dan diikuti oleh perwakilan alumni 15 Prodi FIB USU.

Rahma Yurliani S.Psi., M.Psi sebagai perwakilan rektorat dalam sambutannya berharap terdapat ketua dan pengurus yang dapat menjembatani program kealumnian dengan direktorat setelah Kongres IV IKA FIB USU rampung terlaksana. Ia menyebutkan bahwa terdapat program tahunan Alumni Gathering milik Ditmawalumni USU, sehingga diharapkan terjadinya kolaborasi dengan pengurus IKA.

“Saya berharap nanti ada ketua yang terpilih yang menjembatani program kealumnian dengan direktorat,” ujar Sekretaris Ditmawalumni, Rahma Yurliani.

Kongres IV ini diadakan juga dalam rangka persiapan sebelum pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) sehingga terdapat tugas pokok dan fungsi yang jelas baik bagi IKA wilayah maupun IKA fakultas.

Ketua IKA USU Wilayah Sumut Dr Ir HT Erry Nuradi Msi mengatakan pada Munas yang akan diadakan Oktober mendatang, akan terdapat perbaikan AD ART. Sehingga hal tersebut memperjelas tupoksi alumni karena alumni berperan penting menjadi salah satu kriteria keberhasilan universitas.

“Nanti pada munas yang Insyaallah dilaksanakan pada bulan depan, jadi akan ada perbaikan AD ART sehingga semua jenjang yang ada baik itu prodi, kab/kota, wilayah, fakultas itu semua harus dibagi tupoksinya,” kata Dr. Erry.

Wakil Sekretaris Umum Pengurus Pusat IKA USU Khairul Munadi SH MH berharap dengan diadakannya Kongres IV IKA FIB USU dapat menentukan pengurus baru yang mampu mencanangkan serangkaian program kerja yang jelas, sehingga FIB memiliki peran strategis untuk membantu kemajuan USU.

“Begitulah dengan kongres ini kita harapkan terpilihnya pengurus yang baru dan harus mempunyai program-program kerja yang jelas,” ucap Wakil Sekum Pengurus Pusat IKA USU.

Dekan FIB USU Dr T Thyrhaya Zein, MA yang diwakili Staf Ahli Dekan Dr Rudi Sofyan mengatakan, sinergitas alumni dan dekanat diharapkan dapat terjalin erat dengan terbentuknya IKA FIB USU.

"Ini tentu menjadi kekuatan bagi FIB USU untuk dapat lebih memajukan fakultas yang sama-sama kita cintai ini. Titip salam Ibu Dekan FIB USU dan beliau mendukung penuh kegiatan IKA FIB USU agar dapat lebih bersinergi," tegasnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi