Pengabdian Masyarakat Dosen dan Mahasiswa FT USU

Kelola Sampah Organik Rumah Tangga Melalui ThrowbinC

Kelola Sampah Organik Rumah Tangga Melalui ThrowbinC
Dosen FT USU saat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Medan (Analisa/nur akmal)

Analisadaily.com, Medan- Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik USU melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dipusatkan di Organisasi Aisyiyah di Kampung Dadap, Medan, baru baru ini, dengan pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Dalam keterangan pers yang diterima Analisa, Sabtu (8/10/2022), disebutkan, kegiatan tersebut diketuai oleh Ir. Gina Cynthia Raphita Hasibuan, S.T., M.Sc., Ph.D., dengan anggota Nisaul Fadilah Dalimunthe, S.T., M.Eng., Tania Alda, S.T., M.T. dan Muhammad Thoriq Al Fath, S.T., M.T. dibantu empat mahasiswa S1 Fakultas Teknik USU, yakni Juan Akmal Nst, Indah Mutya Sari, Janeta Fazriah Rambe, dan Salwa Afifah Ilra.

Dalam pengabdian yang mengusung tema “Penyuluhan mengenai Pengelolaan Sampah Organik Rumah Tangga berbasis Masyarakat melalui ThrowbinC di Organisasi Aisyiyah Kampung Dadap” tersebut, para dosen dan mahasiswa mempraktikkan tata cara pengelolaan sampah organik menggunakan ThrowbinC sebagai alat pengurai sampah organik yang dibantu oleh Pemanfaatan Larva BSF.

“Jadi dalam kegiatan ini, kita tidak hanya membantu dalam menguraikan sampah organik dengan menggunakan ThrowbinC, tetapi juga didapatkan pupuk padat, pupuk cair dan pakan ternak berupa pupa dari larva BSF” , jelas ketua tim pengabdian, Gina Cynthia Raphita Hasibuan.

Dalam pelaksanaan penyuluhan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, dilakukan presentasi pemaparan mengenai larva BSF, yang meliputi siklus hidup larva, proses larva dapat menguraikan sampah organik dan penjelasan mengenai proses kerja Throwbinc.

Pada akhir presentasi juga dilakukan tanya jawab dari ibu-ibu organisasi Aisyiyah kepada Tim Pengabdian Masyarakat. Dari proses penyuluhan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan ibu-ibu sebagai mitra dalam pengelolaan sampah organik rumah tangga.

“Ibu-ibu dari Organisi Aisyiyah sangat tertarik dan peduli terhadap kegitan pengabdian masyarakat serta ThrowbinC yang diberikan kepada ibu-ibu tersebut, semangat dan antusias yang mereka berikan tentunya memberikan energi positif kepada kami bahwasanya telah ikut membantu dalam mengatasi pengelolaan sampah organik rumah tangga”, tambahnya.

Sesi kedua dilanjutkan dengan praktik langsung alat ThrowbinC kepada ibu-ibu organisasi Aisyiyah, dimulai dari proses memasukkan sampah organik, proses kerja ThrowbinC hingga proses penguraian sampah organik dengan bantuan Larva BSF.

Dengan kegiatan penyuluhan ini, tim pengabdian dari Fakultas Teknik USU sangat berharap agar dapat melakukan peningkatan IPTEK kepada ibu-ibu dari Organisasi Aisyiyah serta adanya pemasukan tambahan dari hasil penguraian sampah organik baik pupuk kompos maupun larva BSF yang menuju dewasa.

Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama dan penyerahan plakat pengabdian masyarakat oleh ketua tim pengabdian kepada Ibu Ketua Organisasi Aisyiyah Kampung Dadap, Medan.

(AMAL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi