Dosen UMSU Sampaikan Peluang Industri Rumahan

Dosen UMSU Sampaikan Peluang Industri Rumahan
Dosen UMSU saat melakukan pengabdian masyarakat (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis UMSU, Lufriansyah,SE,.M.Ak dan Muhammad Irsan,SE,.M.Ak dibantu Hadrathin Agusti dan Dwita Azhari, Mahasiswa FEB UMSU menggelar pengabdian masyarakat melalui sosialisasi aplikasi dan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu di Aula Pimpinan Ranting Aisyiyah Bromo, Tegal Sari II, Medan.

Pengabdian masyarakat ini merupakan kewajiban dosen dalam tri dharma perguruan tinggi selain melakukan pengajaran dan penelitian. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 60-an Ibu-ibu Anggota Aisyiyah Ranting Bromo.

Dalam kegiatan ini Lufriansyah selaku narasumber menyampaikan peluang dan potensi yang ada pada Ibu-ibu terkhusus yang berada di lingkungan Bromo dengan kawasan yang terkenal menghasilkan usaha-usaha industri rumahan seperti sepatu, sandal, tas serta usaha kuliner yang menjanjikan.

"Kalau ibu-ibu pernah dengar, dulu Bapak Yusuf Kalla, saat sebelum menjadi wakil presiden pernah ke daerah Bromo Sukaramai, ia membeli dan dengan bangga menggunakan sepatu buatan warga sekitar Bromo dan Sukaramai. Walikota Medan Bapak Bobby Nasution juga berkunjung di sekitar Menteng dekat bromo ini melihat industri sepatu bahkan langsung memerintahkan bawahannya untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Ini bukti lingkungan kita ini punya potensi yang cukup besar untuk dikembangkan," katanya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan, pelatihan-pelatihan kewirausahaan juga sudah sering dilaksanakan namun tindak lanjutnya yang masih kurang.

"Saya sudah berdiskusi kepada ibu ketua, di sini juga sudah sering kedatangan para narasumber yang melakukan kegiatan pelatihan kewirausahaan, membuat produk, mengolah produk dan sejenisnya, namun setelah produk jadi dan dikembangkan ada satu hal yang dilupakan yaitu proses pemasarannya, bagaimana produk ini bisa dikenal dan sampai kepada target konsumen kita itu tidak diajarkan," tambahnya.

Karena itu, Lufriansyah akan menghibahkan kepada Ibu-ibu di Aisyiyah Bromo satu aplikasi berbasis android bernama "Asiyiyah KU Bromo" yang mempunyai fungsi untuk membantu Ibu-ibu Aisyiyah Bromo dalam hal pendataan anggota, informasi pengajian dan halaman kewirausahaan anggota yang akan berisi gambaran produk usaha, informasi harga produk dan ketersediaan produk serta nomor kontak untuk pemesanannya.

"Selain dapat dilihat para anggota halaman ini juga akan bisa dilihat oleh pengunjung yang bukan anggota PR Aisyiyah Bromo, semoga ini dapat membantu nantinya," katanya.

Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan pengenalan dan sosialisasi aplikasi, kemudian akan dilanjutkan dengan pelatihan kewirausahaan dan pendampingan penggunaan aplikasi di bulan selanjutnya.

Darlina, selaku ketua PR Aisyiyah Bromo mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada UMSU melalui para dosen dan mahasiswa yang sudah hadir dan menawarkan aplikasi yang akan sangat bermanfaat ke depannya

"Saya mengucapkan ribuan terima kasih buat UMSU yang sudah hadir kemari, memberikan bantuan berupa aplikasi yang akan merapikan pendataan keanggotaan kami, kemudian jadwal pengajian dan tentang wirausaha, harapan saya karena kami juga ibu-ibu yang sebagian besar kurang cakap menggunakan teknologi semoga dosen UMSU bisa hadir lagi untuk mengajarkan dan mendampingi cara penggunaannya nanti," katanya.

(AMAL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi