Pemerintah Targetkan Bisa Ciptakan 2,5 Juta Petani Milenial hingga 2024

Pemerintah Targetkan Bisa Ciptakan 2,5 Juta Petani Milenial hingga 2024
Ilustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, Medan – Pemerintah Republik Indonesia menargetkan bisa menciptakan sebanyak 2,5 juta petani milenial secara nasional hingga tahun 2024 mendatang. Hal ini disampaikan Ahli Madya Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara (BPS Sumut), Nizaruddin.

“Regenerasi ini sangat penting, karena rata-rata usia petani saat ini mayoritas di atas 60 tahun. Sumut juga diharapkan bisa menyumbang petani milenial, karena saat ini grafiknya terus naik,” kata Nizaruddin pada Workshop Wartawan dalam rangka “Peningkatan Literasi Statistik Bagi Insan Pers dan Ekspose Data Sosial Ekonomi Sumatera Utara Tahun 2022”, Senin (17/10). Kegiatan ini dilaksanakan di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Deliserdang, 16-19 Oktober 2022.

Dijelaskanya, berdasarkan data BPS, jumlah petani milenial di Sumut mendekati 40% tepatnya 38,78% dari total petani. Untuk petani milenial berusia 25-29 tahun 7,97%, usia 30-34 tahun 9,69%, petani usia 35-39 tahun 10,78%, dan usia 40-44 tahun 10,34%.

"Harapan ke petani milenial memang cukup tinggi untuk sustainability atau keberlanjutan sektor pertanian. Karena harus ada generasi baru di sektor pertanian," jelasnya.

Disampaikan Nizaruddin, permasalahan petani memang cukup banyak. Padahal, pertanian saat ini sebagai penopang perekonomian. Tetapi kondisi di lapangan tidak mendukung, karena pendidikan petani masih rendah yang membuat upah juga rendah.

"Lalu, usia petani yang mayoritas sudah 60 tahun ke atas. Belum lagi permasalahan digitalisasi yang masih rendah hingga pemasarannya sangat terbatas," ujarnya.

Nizaruddin menyebut, BPS tidak bisa memberi rekomendasi ke Pemerintah, termasuk yang ada di daerah. BPS bisa memberi data yang akan digunakan sebagai gambaran untuk mewujudkan target di tahun 2024.

"BPS bisa memberi data, gambaran atau inside dengan kondisi saat ini. Data yang diberikan bisa membantu pengambil kebijakan," tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi