Travel Tak Konsisten Layani Jemaah Umrah Bakal Ditinjau Ulang

Travel Tak Konsisten Layani Jemaah Umrah Bakal Ditinjau Ulang
Jemaah umrah antre di Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumatera Utara (Sumut) Abdul Amri Siregar meminta pada semua penyelenggara umrah agar konsisten melayani para jemaah.

"Apabila nanti dalam penyelenggaraan menemukan tidak sesuai dengan komitmen awal saat permintaan rekomendasi, mungkin kita akan melakukan peninjauan ulang. Komitmennya melayani tamu-tamu Allah ini harus betul-betul diperhatikan," katanya, Rabu (26/10).

Kata dia, kenapa ini penting disampaikan karena para jemaah ini sudah memasrahkan perjalanannya pada pengelola travel. "Mereka jauh hari sudah menabung untuk mempersiapkan diri ke Mekkah. Harapan mereka tidak lain pelayanan yang bagus," sambungnya.

"Oleh karena itu, dari kita Kementerian Agama yang dalam hal ini sudah mempercayakan dan memberikan rekomendasi. Ketika para penyelenggara travel umrah ini meminta atau mengusulkan izin selaku penyelenggara, mana-mana yang sudah dilaporkan, baik di awal pembentukan dan pendirian supaya tetap dijaga dan dipelihara," lanjutnya.

Disebutkannya, betul memang ini ekonomi, tetapi di situ ada nilai-nilai ibadah. Bagaimana caranya penyelenggara tetap bisa komitmen untuk melayani tamu-tamu Allah ini dengan baik itu harapannya.

"Memang terkait dengan umrah ini pada dasarnya itu tidak pada Kementerian Agama, tetapi mereka langsung pada penyelenggara, tinggal lagi dari segi kementerian kita sudah punya aplikasi untuk sedapat mungkin untuk melakukan pengawasan kepada penyelenggara yang aplikasinya namanya SIPATUH," terangnya.

Jadi semua penyelenggara (travel) menginput para jemaah yang mau dibawa di aplikasi ini, sehingga terpantau di kementerian dan ini salah satu proteksi pada jemaah agar tidak mengalami tertipu dan sebagainya.

Di soal jumlah travel di Sumut, ia mengaku sejauh ini ada yang memilikim izin di Sumut ada juga cabang, namun induknya di Jakarta. "Hanya saja diberikan izin untuk mencari tambahan jemaah di Sumut dan itu legal," pungkasnya.

Jemaah Antre Panjang

Pantauan di Bandara Kualanamu Rabu (26/10), sejumlah jemaah umrah yang hendak terbang ke Makkah terlihat antre panjang di pintu masuk menuju terminal keberangkatan Bandara Kualanamu. Kondisi ini terjadi karena petugas hanya membuka satu pintu bagi ratusan jemaah.

"Antrean panjang ini tidak lagi fenomena baru, namun sudah sering terjadi akhir-akhir ini," kata Husni, salah seorang penumpang di Bandara Kualanamu.

Ia berharap petugas terkait cepat mengatasi, sehingga penumpang umum lainnya yang hendak terbang via Bandara Kualanamu merasa aman dan nyaman.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi