Prodi Sastra Indonesia USU Sukses Gelar Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia

Prodi Sastra Indonesia USU Sukses Gelar Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia
Materi Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) sukses menggelar Seminar Nasional (Semnas) Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI) I secara daring dengan Tema Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Internasionalisasi: Rancangan Materi Pembelajaran.

Seminar tersebut menghadirkan Dr Pujiharto, MHum dari Universitas Gadjah Mada, Dr Dwi Susanto, SS, MHum dari Universitas Sebelas Maret dan Dr Dwi Widayati, MHum dari Universitas Sumatera Utara.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU Dr T. Thyrhaya Zein, MA yang membuka acara Seminar Nasional Prodi Sastra Indonesia menyambut baik seminar nasional yang mengulas materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya disesuaikan dalam program internasionalisasi kampus.

"Kita tahu bersama, bahwa program internasionalisasi menjadi target USU dalam kurun lima tahun ke depan, seminar nasional yang dibuat Prodi Sastra Indonesia USU ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih pemikiran, saran terhadap kurikulum pembelajaran yang berstandarisasi internasional," tegasnya.

Sekretaris Prodi Sastra Indonesia Dra Nurhayati Harahap, MHum dalam sambutannya menjelaskan, Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara terus berupaya mengembangkan materi ajar yang mengacu pada kurikulum terkini sehingga para pembelajar mampu meningkatkan kompetensi dan kecendekiawanan ilmuan yang adaptif terhadap perkembangan ilmu bahasa dan sastra, terutama dalam era 4.0.

"Kurikulum Program Studi Sastra Indonesia juga disesuaikan dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, baik untuk standar pendidikan yang berlaku secara nasional, maupun berdasarkan ciri khas perguruan tinggi setempat dan kebutuhan masyarakat secara internal, tidak terkecuali menginternasionalisasi Bahasa dan Sastra Indonesia," ujarnya.

Peserta Seminar Nasional Prodi Sastra Indonesia USU.
Dijelaskan, internasionalisasi Bahasa dan Sastra Indonesia agar capaian pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pasar, perlu dirancang materi pembelajarannya.

Seminar nasional ini dilaksanakan untuk membahas rancangan materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menuju internasionalisasi. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya pemutakhiran materi Bahasa dan Sastra Indonesia agar lebih sesuai dengan kebutuhan pembelajar Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengikuti perkembangan zaman sehingga mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia lebih menarik.

Dr Dwi Widayati MHum yang juga Ketua Prodi Sastra Indonesia FIB USU menjelaskan beberapa mata kuliah yang ada di Kurikulum MBKM 2021 di Prodi Sastra Indonesia USU yang dapat menunjang Bahasa Indonesia menuju internasionalisasi di antaranya Bahasa Indonesia Akademik, Penulisan Karya Ilmiah, Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA).

"Khusus BIPA materi yang diajarkan difokuskan dalam empat keterampilan berbahasa yakni mendengar, membaca, berbicara dan menulis," ujarnya.

Sementara rancangan materi, meliputi Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia menuju Internasionalisasi, Dinamika Pembelajaran BIPA, dan rancangan materi yang difokuskan pada bahasa, sastra dan budaya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi