27 Mahasiswa USU Berlaga di PEKSIMINAS XVI 2022 UB Malang

27 Mahasiswa USU Berlaga di PEKSIMINAS XVI 2022 UB Malang
Pimpinan USU, Official, Pelatih dan Mahasiswa USU di PEKSIMINAS XVI 2022 UB Malang. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Malang - Sebanyak 27 mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berlaga di ajang perlombaan bergengsi tingkat nasional Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XVI Tahun 2022 yang digelar di Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur. Perlombaan itu sendiri digelar sejak 25 Oktober 2022 hingga 28 Oktober 2022.

Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, MA yang hadir ke Malang bersama Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE., M.Si serta Sekretarisnya Rahma Yurliani, SPsi, MPsi, Psikolog memberikan apresiasi atas keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa USU di setiap tangkai lomba.

"Ajang PEKSIMINAS ini memberikan pengalaman yang tentu akan mampu menempa karakter dari para mahasiswa USU yang terpilih menjadi Delegasi Sumatera Utara di bawah naungan Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI). Saya sangat apresiasi perjuangan mereka dan mudah-mudahan mendapat hasil yang maksimal," ujarnya.

Edy Ikhsan menjelaskan, nantinya akan dilakukan suatu pola pembinaan yang bertingkat nilai dari prodi, fakultas, hingga universitas yang akan dikoordinasi langsung oleh Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Kealumni USU.

“Jadi nanti akan ada Puspresnas tingkat fakultas, sehingga akan terbangun koordinasi dan dari situ kita berharap akan ada prestasi-prestasi sustainable yang diraih USU,” jelas WR I.

Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE., M.Si menambahkan bahwa memberi kesempatan mahasiswa USU untuk tampil dalam event besar merupakan Tupoksi Ditamawalumni sehingga akan berfokus membina kreativitas mahasiswa agar mampu mengubah paradigma serta meningkatkan karakter mahasiswa USU.

“Fokus kita ke depan akan terus seperti itu, seperti kata Pak WR tadi ada Puspresnas Universitas, ada tingkat fakultas. Kami juga berharap dukungan dari Pak Rektor dan Wakil Rektor untuk tahun depan kita akan lebih bisa banyak lagi meningkatkan volume pengiriman delegasi mahasiswa,” ucap Doli.

Koordinator Official USU Prof. Drs. Mauly Purba, M.A., Ph.D., menjelaskan BPSMI Sumatera Utara sendiri mengirimkan 36 peserta yang berasal dari 5 universitas untuk 17 tangkai perlombaan. USU menjadi delegasi terbanyak dengan 27 mahasiswa untuk berlomba di tangkai lomba Fotografi Hitam Putih, Dangdut, Seriosa, Vokal Grup, Tari, Monolog, Membaca Puisi Putra dan Putri, Menulis Puisi, Menulis Naskah, Komik Strip dan Melukis.

Selain 27 delegasi, USU juga turut memberangkatkan pelatih dan official di antaranya Arifninetriosa, SST, MA, Bambang Riyanto, SS, MSi, Rahayu, SSos, Mukhlis Win Aryoga, SS dan Rizal Tatarang, SS.

"Semua sudah memberikan yang terbaik, dan semoga juga mendapatkan hasil yang maksimal," ujar Prof Mauly.

Sebagai informasi, PEKSIMINAS XVI secara total diikuti 838 mahasiswa dari 123 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Prof Abdul Hakim, Ketua Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Jawa Timur mengatakan jika kebijakan kampus merdeka mendorong mahasiswa tidak hanya unggul bidang akademik tapi juga kreatif atau soft skill.

PEKSIMINAS adalah wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemamapuan mahasiswa di berbagai bidang seni. Misalkan di sastra, tari, menyanyi, dan bidang kreatif lainnya. Lewat kengiatan ini, lanjutnya, mahasiswa bisa meningkatkan prestasi untuk memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika.

Dijelaskan dia, ratusan mahasiswa ini merupakan mahasiswa terpilih yang sudah lolos dalam event serupa di tingkat provinsi masing-masing. Ada sebanyak 15 tangkai lomba yang dilaksanakan dalam PEKSIMINAS ini. Meliputi lomba baca puisi, desain poster, fotografi hitam putih dan bewarna, melukis, lomba membuat komik, menyanyi dangdut, keroncong, menyanyi lagu pop, menyanyi seriosa, monolog, menulis cerpen, lakon, puisi, tari, dan vokal beregu.

Mahasiswa berbagai perguruan tinggi ini berasal dari 32 provinsi. Sedangkan pengirim kontingen terbanyak adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Masing-masing dengan 39 mahasiswa dari 12 perguruan tinggi.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi