Konferensi Maju Digital 2022, GoTo Dorong Kemajuan dan Daya Saing UMKM

Konferensi Maju Digital 2022, GoTo Dorong Kemajuan dan Daya Saing UMKM
GoTo kembali menghadirkan Konferensi Maju Digital (KoMD) untuk para pegiat UMKM tahun ini (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Peran UMKM sebagai penggerak sektor riil ekonomi tanah air dan motor pendorong pemulihan ekonomi nasional memiliki dampak ekonomi yang besar. Untuk itu Grup GoTo, ekosistem digital terbesar Indonesia kembali menghadirkan Konferensi Maju Digital (KoMD) untuk para pegiat UMKM tahun ini.

Menyusul kesuksesan gelaran KoMD pertama pada 2021 yang menjangkau belasan ribu pelaku UMKM, tahun ini KoMD mengusung tema besar ‘Transformasi Usaha Digital dan Ramah Lingkungan’, yang selaras dengan misi pemerintah Indonesia dalam presidensi G20 2022. KoMD 2022 bertujuan mendorong kemajuan dan daya saing UMKM.

KoMD juga menghadirkan sejumlah pakar dari berbagai bidang untuk berbagi pengalaman, berdiskusi dan memberikan pelatihan dalam rangkaian kelas yang dapat diikuti oleh pegiat UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Grup GoTo menghadirkan KoMD untuk mendorong kemajuan para mitra UMKM melalui program edukasi dan pemberdayaan berkelanjutan,” ungkap Chief of Corporate Affairs Grup GoTo, Nila Marita dalam press conference KoMD 2022 virtual, Kamis (27/10).

Diungkapkannya, bersama lebih dari 15 juta mitra usaha, 2,6 juta mitra pengemudi dan lebih dari 67 juta pengguna bertransaksi tahunan, ekosistem digital Grup GoTo berkontribusi sekitar 2 persen terhadap PDB Indonesia.

Menambahkan itu, Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan mengatakan, KoMD adalah konferensi UMKM nasional terbesar dari Grup GoTo untuk mendorong kapasitas pegiat UMKM Indonesia melalui berbagai inisiatif dan solusi teknologi, agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan dunia usaha masa kini.

“Kehadiran KoMD 2022 dilatarbelakangi oleh tingginya animo peserta rangkaian KoMD 2021, dan lebih dari 14 ribu peserta berpartisipasi dalam rangkaian KoMD 2021 dan mayoritas berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar dan Manado,” tambah Bayu.

VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat mengatakan, sebagai kelanjutan dari KoMD 2021, Grup GoTo telah secara rutin menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KeMD) pada 2021.

Melalui KeMD, Grup GoTo memberikan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia semakin menjadi pilihan masyarakat.

KeMD sendiri dapat terlaksana melalui kolaborasi Grup GoTo dengan pemerintah daerah dan UMKM lokal untuk membantu pemulihan ekonomi daerah.

Sepanjang tahun 2021, KeMD telah diselenggarakan di berbagai wilayah, seperti Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Jabodetabek.

Tahun ini, KeMD menghadirkan berbagai topik sesuai kebutuhan UMKM dari berbagai skala, antara lain pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, hingga pembangunan bisnis yang ramah lingkungan.

“KoMD dan KeMD adalah bagian dari upaya pemberdayaan UMKM yang telah menjadi mitra usaha Grup GoTo. Grup GoTo juga menyediakan solusi layanan digital yang holistik dan beragam guna membantu pegiat usaha khususnya UMKM menciptakan peluang dalam setiap fase pertumbuhan,” tutup Puput.

Berita kiriman dari: Adelina Savitri Lubis

Baca Juga

Rekomendasi