23.909 Jiwa dari 8 Desa di Tanjung Beringin Sergai Terdampak Banjir

23.909 Jiwa dari 8 Desa di Tanjung Beringin Sergai Terdampak Banjir
Banjir di Sergai (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjung Beringin - Sebanyak 23.909 jiwa dari 6.399 Kepala Keluarga (KK) di 8 desa di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, terdampak bencana banjir hingga Senin (12/12).

Camat Tanjung Beringin, Elmiati mengatakan, 8 desa yang mengalami banjir tersebut adalah Desa Pekan Tanjung Beringin sebagai Ibu Kota Kecamatan Tanjung Beringin. Di desa ini banjirnya cukup parah, sebab ketinggian air mencapai 30-80 cm.

Selanjutnya Desa Nagur, Pematang Cermai, Manggadua, Tebing Tinggi, Pematang Terang, Suka Jadi, dan Desa Bagan Kuala. Masyarakat diimbau tetap waspada, terutama bagi yang tinggal di pinggiran Sungai Bedagai, sebab situasi cuaca tidak menentu dan air sungai terus meluap akibat kiriman dari Sungai Rampah.

“Kami berharap agar masyarakat tetap waspada serta mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan bersama, seperti korsleting aliran listrik, jugaa anak-anak harus diawasi dan lain sebagainya,” ucap Camat.

Akibat tingginya debit air, banyak yang menggunakan rakit dari batang pisang sebagai alat transportasi untuk keluar rumah, seperti pergi berbelanja atau aktivitas lainnya.

Andriani, warga Dusun V, Desa Pekan Tanjung Beringin, mengatakan, banjir kali ini cukup besar dibanding 2001 dan 2021, serta seminggu lalu. Dulunya rumah mereka tidak masuk air, kali ini masuk.

“Walaupun banjir besar pada 2001 dan 2021, serta seminggu lalu, rumah kami tidak masuk air, tapi banjir kali ini rumah kami penuh dengan air dari depan sampai ke belakang,” ujarnya.

Masyarakat berharap ada solusi dan gerak cepat dari pihak terkait, agar kondisi para korban banjir dapat diperhatikan.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi