27 Ribu Banser Siap Amankan Perayaan Puncak 1 Abad NU

27 Ribu Banser Siap Amankan Perayaan Puncak 1 Abad NU
Kasatkornas Banser, Hasan Basri Sagala, saat memberikan keterangan di NUTV (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sidoarjo - Sebanyak 27 ribu pasukan Barisan Serbaguna Ansor (Banser) dibantu TNI/polri siap mengamankan acara puncak perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang dipusatkan di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, 7 Februari 2023.

"Banser yang diterjunkan dalam pengamanan 1 Abad NU ini sekitar 27 ribu. Ini terbagi menjadi 12 ribu di dalam arena, selebihnya ditempatkan di 80 titik, termasuk di luar gedung, ada di bagian kesehatan, protokoler, Infokom di lalu lintas, dan lainnya," kata Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser, Hasan Basri Sagala, melalui saluran TV NU, Senin (6/2).

Kata dia, semua Banser sudah siap mengatur seluruh kedatangan para kader NU dari segala penjuru. Intinya, para jemaah/warga harus datang dengan tertib, di lokasi terlayani dengan baik, begitu datang dan pulangnya harus terkoordinasi dengan baik. Hal itu perintah dari Ketua Panitia Gus Yaqut.

"Jadi para warga yang ikut di acara puncak 1 abad NU ini dari jauh-jauh hari sudah kita persiapkan pengamanannya, baik di dalam dan di luar arena," tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Hasan Sagala, terkait kedatangan arus kendaraan juga sudah diatur tempat dan lokasinya, begitu juga tempat duduk di lokasi acara.

Baik di ring 1, ring 2, dan 3. Untuk ring 1 sepenuhnya ditangani oleh Paspampres, ring 2 Banser ikut didalamnya Pro Kiyai yang hadir.

“Untuk ring 3 seluruh jemaah/warga NU,” ujarnya.

Ketua Panitia Perayaan 1 Abad NU Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menjelaskan, persiapan kegiatan perayaan puncak 1 abad NU sudah mencapai 90 persen, dan sudah dipersiapkan dengan rapi.

"Mudah-mudahan pada hari H kita sudah siap untuk menyambut dan merayakan 1 Abad NU, dan kita semua mendapat barokahnya," jelas Gus Yaqut.

Kata dia, dengan acara ini semua Nahdliyyin, begitu juga masyarakat bangsa dan negara ini mendapat barokahnya dunia dan akhirat. Ia juga mengatakan lokasi sudah ditinjau oleh Ketua Umum PBNU, mulai dari kesiapan dan posisi kedatangan Presiden Jokowi masuk ke acara.

“Intinya Ketua Umum mengatakan puas dengan segala persiapan yang dilakukan," jelasnya.

Ia juga dalam hal ini mengajak warga, khususnya Sidoarjo, untuk bersama-sama mengambil berkah raksasa sebagaimana Ketua Umum PBNU selalu sampaikan, bahwa berkah raksasa ini mudah-mudahan selalu didapatkan oleh semua jemaah NU khususnya, dan warga negara Indonesia umumnya.

“Kemudian, sebagai ketua panitia tentu saya berterima kasih pada warga Sidoarjo khususnya, dan umumnya pada warga Jawa Timur yang telah mempersilahkan NU untuk menggelar perhelatan yang luar biasa, yakni acara 1 Aband NU yang mungkin kita lalui satu kali dalam hidup kita, dan disambut dengan baik, dan ini kita lihat antusias masyarakat sungguh luar biasa, dan saya yakin sepanjang perjalanan acara akan sedikit banyak akan mengganggu. Sekali lagi sebagai ketua panitia saya mohon maaf,” sebutnya.

“Tapi, yakin lah kegiatan ini dilaksanakan tidak lain untuk mendapatkan berkah raksasa dari NU,” tandasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi