Menhub Tinjau Pengerukan Jalur Kapal di Pelabuhan Langsa

Menhub Tinjau Pengerukan Jalur Kapal di Pelabuhan Langsa
Menhub Tinjau Pengerukan Jalur Kapal di Pelabuhan Langsa (Analisadaily/Sudirman)

Analisadaily.com, Langsa - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, meninjau Pelabuhan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, untuk melihat secara dekat proses pengerukan jalur masuk kapal yang akan berlabuh di pelabuhan tersebut, Rabu (8/2).

Kedatangan Menhub beserta rombongan di stadion Langsa dengan menaiki Heli yang disambut anggota DPR-RI, Ilham Pangestu, sembari mengalungkan selempang bermotif Aceh didampingi unsur Forkompimda Langsa. Dalam rombongan menhub itu diantaranya, staf khusus Menteri, Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III, Putut Sri Muljianto.

Kemudian rombongan Menhub langsung menuju terminal feri di Pelabuhan Kuala Langsa, selanjutnya menaiki kapal menuju pengerukan jalur masuk sekitar tujuh mil dari dermaga.

Dalam peninjauan tersebut menhub yang dikawal oleh beberapa kapal aparat melihat beberapa titik alur arah masuk atau pintu masuk kapal yang akan memasuki pelabuhan Kuala Langsa.

Usai meninjau, Budi, mengatakan, pada minggu lalu ketemu dengan Pj gubernur Aceh, Achmad Marzuki, bahwa ada beberapa titik yang perlu dilakukan pengerukan yang hanya tiga meter ada pengendapan pasir.

"Atas laporan itu kita serius menindaklanjuti dan mengajak Direktur Pelindo serta Ilham Pangestu, untuk melihat secara langsung ada beberapa titik yang akan dilakukan pengerukan," ujarnya.

Diharapkan, empat sampai lima bulan ke depan akan terus dilakukan proses pengerukan dan diharapkan kapal-kapal niaga akan datang masuk ke Pelabuhan Kuala Langsa.

Budi meminta kepada pemerintah daerah agar mendukung program ini dan tidak mungkin akan terlaksana begitu dengan masyarakat setempat.

(DIR/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi