Kurangi Kemacetan, Jokowi Harap Industri Otomotif Berorientasi Ekspor

Kurangi Kemacetan, Jokowi Harap Industri Otomotif Berorientasi Ekspor
Kurangi Kemacetan, Jokowi Harap Industri Otomotif Berorientasi Ekspor (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Kamis (16/2). Presiden beharap industri otomotif yang telah tumbuh baik pada tahun lalu, karena industri otomotif punya prospek cerah, dibuktikan setiap tahun penjualan kendaraan tumbuh signifikan.

"Tahun 2022 otomotif tumbuh 18 persen. Penjualan 2022 mobil 1 juta 48 ribu mobil. Penjualan motor mengalami pertumbuhan 3,3 persen. Meningkat di angka 5,2 juta unit di 2022," kata Presiden dalam sambutannya.

Namun kata Presiden, tingginya penjualan tersebut berdampak terjadinya kemacetan di mana-mana. "Jakarta macet. Surabaya macet, Bandung macet, Medan macet, karena memang penjualannya sampai angka segitu," kata Presiden.

Untuk itu menurut Presiden, agar penjualan kendaraan tetap tinggi dan tidak berdampak kemacetan, industri otomotif harus berorientasi ekspor.

"Angka sangat besar sekali. Supaya tidak macet saya mengajak industri otomotif untuk berorientasi pada ekspor. Memang meningkatnya tajam dari 300 ribu ini hampir 600 ribu. Ini kami ucapkan terimakasih ke industri otomotif," katanya.

Meski ekspor tahun lalu meningkat besar, Jokowi mengingatkan Indonesia masih kalah dari Thailand. Ini disebut salah satu sebabnya pemerintah ingin mendorong ekspor meningkat lebih tinggi lagi. Jokowi juga mengingatkan industri otomotif melihat tren semua negara mendorong kendaraan listrik.

"Pemerintah terus mendorong hulu ke hilir buat menciptakan ekosistem mobil listrik hingga masuk ke pasokan global," ujar Presiden.

Dukung Pemulihan Ekonomi

Sementara itu Bank Danamon dan Adira Finance yang didukung MUFG sebagai official partner IIMS 2023 menyatakan berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia mendorong pemulihan ekonomi pasca-pandemi melalui pembangunan ekosistem industri otomotif yang kokoh dan berkelanjutan.

"Komitmen ini diwujudkan dalam partisipasi kembali MUFG, Danamon, dan Adira Finance pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 sebagai official bank partner dan official multifinance partner," tegas Transaction Banking Head, Bank Danamon Ivan Jaya.

Danamon, dan Adira Finance percaya bahwa IIMS merupakan salah satu tonggak penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia pasca-pandemi.

"Selain memperkuat industri otomotif yang merupakan salah satu sektor dengan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Indonesia, IIMS juga menjadi momentum tepat bagi industri perbankan untuk berkontribusi dalam upaya memulihkan sektor UMKM, pariwisata, bahkan properti. Komitmen dari MUFG, Danamon, dan Adira Finance ini akan diwujudkan dalam berbagai program dan promo bagi pengunjung dan nasabah sepanjang IIMS diselenggarakan," tegas Ivan Jaya.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi