Batangtoru Terima Penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik I Tingkat Provinsi Sumut

Batangtoru Terima Penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik I Tingkat Provinsi Sumut
Batangtoru Terima Penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik I Tingkat Provinsi Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Kecamatan Batangtoru di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menerima penghargaan Tunggul terbaik I tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penghargaan itu diserahkan langsung Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, kepada Camat Batangtoru, Mara Tinggi Siregar, di Lapangan Parade Perkantoran Pemerintah Tapsel, Sipirok, Kamis (16/2).

Dalam sambutannya, Edy Rahmayadi mengatakan, penilaian kecamatan dilakukan setiap tahun, bahkan ada apresiasi berupa finansial dan tanda kehormatan.

"Selamat kepada penerima tunggul kecamatan, semoga menjadi motivasi bekerja untuk rakyat yang sama-sama kita cintai," katanya.

Sementara Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, Kecamatan Batangtoru merupakan satu dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Tapsel, dan pada tahun 2022 mendapat predikat kecamatan terbaik I kategori kabupaten tingkat Provinsi Sumut.

Dikatakan, prestasi yang diraih Kecamatan Batangtoru ini tidak terlepas dari kemampuan Camat bersama Forkopimcam yang didukung oleh para lurah, kades, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan dibantu oleh perusahaan baik dari PT Agincourt Resources, PTPN III, PLTA Batangtoru serta seluruh lapisan masyarakat.

"Begitu juga seluruh OPD, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan dan stakeholder lainnya yang telah mengkoordinasikan dan mengorganisir berbagai pelaksanaan program pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan," ujarnya.

Dijelaskan, keberhasilan Kecamatan Batangtoru menjadi kecamatan terbaik I tingkat Provinsi Sumut, karena merupakan satu-satunya kecamatan yang menyatakan sudah bebas dengan BAB sembarangan atau Stops BAB serta salah satu kecamatan yang mulai menerapkan digitalisasi pelayanan di kelurahan dan desa.

"Kecamatan Batangtoru juga menerima penghargaan dari Kapolres Tapsel dalam pelayanan vaksin Covid-19 dengan angka 100 persen usia dibawah 12 tahun, serta telah menerapkan bank sampah yang berdampak pada peningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Di samping itu, kata Dolly, Batangtoru juga telah mengembangkan padi dan jagung organik di Desa Sipenggeng, Desa Garoga, Desa Hutagodang dan Kelurahan Wek I serta pengembangan Ikan Jurung di Desa Sipenggeng.

"Prestasi-prestasi ini tentunya menjadi apresiasi dan motivasi bagi Kecamatan Batang Toru dengan harapan prestasi ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan dimasa yang akan datang," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga menyerahkan trophy dan piagam kepada Camat Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang sebagai juara II, Camat Air Batu Kabupaten Asahan sebagai juara III.

Selanjutnya, Camat Marbau Kabupaten Labura sebagai juara harapan I, Camat Sidikalang Kabupaten Dairi sebagai juara harapan II dan Camat Air Putih Kabupaten Batubara sebagai juara harapan III.

Gubernur Sumut juga menyerahkan hadiah sepasang Domba kepada 6 kecamatan sebagai pemenang kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut kategori kabupaten.

Selain itu, Gubsu juga menyerahkan penghargaan kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu atas kinerja sebagai peringkat I capaian indeks kualitas lingkungan hidup kabupaten/kota se Sumut Tahun 2022 dengan capaian 77,58.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi