Percut Sei Tuan Kecamatan Terbaik II Tingkat Sumut

Percut Sei Tuan Kecamatan Terbaik II Tingkat Sumut
Percut Sei Tuan Kecamatan Terbaik II Tingkat Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapsel - Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, terpilih menjadi Kecamatan Terbaik II Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Kategori Kabupaten Tahun Anggaran 2022.

Piala dan penghargaan sebagai Kecamatan Terbaik II diserahkan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi kepada Camat Percut Sei Tuan, A Fitriyan Syukri didampingi Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Nasib Solichin dan 10 kepala desa se-Kecamatan Percut Sei Tuan, pada Upacara Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Kategori Kabupaten Tahun Anggaran 2022 di Lapangan Parade, Kantor Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) di Sipirok, Kamis (16/2).

Untuk Kecamatan Terbaik I diraih Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapunuli Selatan (Tapsel); Terbaik III, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

Untuk Juara Harapan I direngkuh Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara; Juara Harapan II, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi; dan Juara Harapan III, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara.

Dalam sambutannya, Gubernur berpesan pemberian penghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi yang lain, sekaligus evaluasi untuk memperbaiki kekurangan.

Lanjut Edy, kemajuan satu daerah juga sangat ditentukan kepala desa, lurah serta camat. Karenanya dituntut kegiatan teknis yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga kinerjanya pasti.

Gubernur juga mengingatkan masih banyak pejabat setingkat camat, kades dan lurah berlaku, seperti pegawai bank. Padahal mereka sejatinya tidak memiliki jam kerja yang pasti, serta kantornya bisa di mana saja di wilayah administrasinya.

Karena itu, lanjut Gubernur, perlu peningkatan kinerja serta kualitas sumber daya manusia (SDM) agar satu daerah mampu mengelola kekayaan alamnya (sumber daya alam) yang melimpah, khususnya di Sumut. Satu di antaranya yang mendorong kepada perbaikan tata kelola pemerintah hingga berujung kepada penghargaan seperti Tunggul Kecamatan Terbaik.

"Saya ingin ucapkan selamat kepada penerima Tunggul Kecamatan Terbaik, itu hanya sebagai tanda. Tetapi dengan kita berusaha memberikan penilaian, sebagai motivasi kepada yang lain untuk bekerja bagi rakyat yang sama-sama kita cintai," jelasnya.

Setelah menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi, Gubernur juga mengatakan pentingnya evaluasi bagi pemerintah, mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga kabupaten, menjadikan langkah kemajuan pembangunan bisa merata ke tempat lain, terutama kabupaten secara keseluruhan.

“Teruslah berbuat, saya juga akan turut membantu membenahi. Semua kita sama-sama berbenah. Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Saya yakin kita semua mengerti,” jelasnya.

Usai memberikan penghargaan, Gubernur menyerahkan 12 ekor kambing, masing-masing dua ekor (sepasang) untuk satu kecamatan penerima tunggul. Juga turut berlangsung penyerahan penghargaan kepada Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu atas capaian Indeks Kualitas Lingkungan Hidup tahun 2022 berdasarkan penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi