Posko Solidaritas Masyarakat Sumut Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Posko Solidaritas Masyarakat Sumut Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur
Ketua Posko saat berkunjung ke Pemkab Cianjur bersama Sekda dan jajaran Pemkab di Pendopo Bupati Kab. Cianjur. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sejumlah organisasi etnis di Sumatera Utara yang tergabung dalam Posko Solidaritas Masyarakat Sumut, melakukan aksi penggalangan donasi bagi korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di Cianjur Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Elemen oraganisasi etnis tersebut diantaranya, Paguyuban Wargi Sunda, Angkatan Muda Siliwangi, Paguyuban Pasundan, Paguyuban Banten Sumut, Paguyuban Putera Solo dan MABMI.

Posko solidaritas ini sebelumnya dibentuk atas arahan dari Gubernur Sumatera Utara saat dilakukan do'a bersama dan sholat Ghaib di Aula T. Rizal Nurdin pada 26 November 2022 yang lalu.

Gubsu saat itu langsung menunjuk Ahmad Hadian dari unsur PWS dan Sekretaris M. Sya'ban Butarbutar dari unsur AMS.

Kemudian Posko menggalang donasi dari para anggota paguyuban tersebut di atas dan juga telah menerima partisipasi donasi dari para ASN di lingkungan OPD Pemprovsu diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal, Dinas Perindag, Sekretariat Daerah dan Badan Penghubung Pemprovsu di Jakarta.

"Telah terkumpul dana sebesar Rp 105.985.000 yang telah ditransfer ke rekening Pemkab Cianjur pada Senin, 20 Februari 2023," kaya Ketua Posko, Ahmad Hadian, Selasa (21/2).

Menurut Ahmad Hadian para donatur dari Manajemen dan Karyawan PT Mutiara Mukti Farma, Universitas Potensi Utama dan STMIK Tri Guna Dharma. Donasi tersebut akan diperuntukan bagi renovasi sebuah Pondok Pesantren dan satu unit Masjid di Cianjur.

"Saya sudah datang langsung ke Pemkab Cianjur untuk berkomunikasi terkait donasi ini pada 16 Februari 2023 dan diterima oleh Sekdakab Cianjur Cecep Alamsyah beserta Kepala Badan Pendapatan Daerah Komaruddin," ujar Ahmad Hadian.

Sesuai arahan Pemkab Cianjur donasi yang terkumpul tersebut akan disalurkan kepada Pondok Pesantren Al Muhajirin Cieundeur Kp. Cieundeur RT 01 RW 01 Desa Cieundeur Kec. Warungkondang dan kepada Masjid Al Mu'min, Kp. Cimaja RT 05 RW 04 Desa Cibeureum Kec. Cugenang Kab. Cianjur.

Pihaknya juga telah meminta waktu kepada Gubernur Sumatera Utara untuk melaporkan apa yang telah dilaksanakannya namun sampai saat ini Posko masih menunggu respon beliau.

"Posko ini di SK kan oleh Gubernur tentunya juga seharusnya melaporkan pekerjaan ini kepada Gubernur, semoga dalam waktu dekat beliau bisa menerima kami"
Kata Hadian yang juga Anggota DPRD Sumut ini.

Pada kesempatan yang sama Sya'ban Butarbutar selaku Sekretaris Posko yang juga Kepala KUA Kec. Kutalimbaru Kab. Deliserdang menuturkan aksi ini atas peran aktif dari semua pihak.

"Ini kerja sosial sebagai bukti solidaritas dan silturahim kita selaku sesama anak bangsa, semoga jadi amal jariah kita semua dan bermanfaat bagi saudara kita di Cianjur," ungkapnya.

(WITA/BR)

Baca Juga

Rekomendasi