Pemko Tanjungbalai Fokus Pelayanan, Ekonomi dan Stunting

Pemko Tanjungbalai Fokus Pelayanan, Ekonomi dan Stunting
Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib memukul Gong tanda Musrenbang dibuka secara resmi, Kamis (9/3). (Analisadaily/Ridwan Marpaung)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tanjungbalai tahun 2024 difokuskan kepada penguatan layanan dasar, membangkitkan perekonomian masyarakat dan mengatasi persoalan stunting.

"Difokuskan peningkatan layanan dasar termasuk pemenuhan standar layanan minimal antara lain yaitu layanan pendidikan, kesehatan, sarana prasarana jalan, air minum, sanitasi, sosial serta upaya peningkatan ekonomi masyarakat, persiapan pemilukada dan upaya penurunan stunting," kata Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2024 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kamis (9/3)..

Waris juga menyampaikan capaian capaian positif Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai diantaranya turunnya angka pengangguran dan kemiskinan walauoun masih tergolong tinggi namun lebih unggul dari Provinsi Sumatera Utara.

"Angka pengangguran di Tanjungbalai semakin turun, tahun 2022 sebesar 4,62 persen. Alhamdulillah capaian ini lebih unggul dari provinsi yang sebesar (6,16 persen). Pertumbuhan ekonomi Kota Tanjungbalai Tanjungbalai tahun 2022 kami optimis akan mencapai target yakni sebesar 5,6 persen dan semoga dapat melampaui angka provinsi dan nasional, Insyaallah", ujarnya..

Tahun 2022 angka kemiskinan sebesar 12,45 persen turun dari 13,4 % di tahun 2021 dan Indeks Pembangunan Manusia di Tanjungbalai berhasil naik pada tahun 2022 sebesar 69,86 poin, lanjutnya.

Waris mengatakan target pembangunan akan terwujud jika adanya komitmen dan keinginan setiap pribadi untuk menjadi seorang agen perubahan.

"Jika semua berperan sekecil apapun itu pasti akan bermakna dan akan membawa kondisi daerah kita ke arah yang lebih baik ke depan. Kembali saya mengingatkan tentang penguatan komitmen kita untuk bisa secara bersama sama mengeksekusi apa yang sudah direncanakan ini, untuk dapat dilaksanakan, serta dievaluasi nantinya,", cetusnya.

(RM/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi