Rutan Tarutung Gelar Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah

Rutan Tarutung Gelar Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah
Rutan Tarutung Gelar Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tarutung menggelar kegiatan Pelayanan Kesehatan Pemasyarakatan Proaktif dan Donor Darah.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas II B Tarutung, Ismet Sitorus mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59.

"Kegiatan ini bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung," ujarnya, Selasa (14/3).

Pelayanan Kesehatan Pemasyarakatan Proaktif dilaksanakan dengan semangat pencegahan dan promosi kesehatan. Mencegah penularan penyakit, melakukan penyuluhan informasi kesehatan, serta mendorong kebiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Pemeriksaan kesehatan proaktif ke blok hunian warga binaan, serta pemeriksaan kesehatan kepada pengunjung dan masyarakat sekitar oleh petugas kesehatan Rutan," terangnya.

Kegiatan donor darah dilaksanakan diawali dengan pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim medis dari PMI RSUD Tarutung. Setelah selesai pemeriksaan kesehatan, tim medis melakukan pengambilan darah terhadap 13 orang petugas yang telah dinyatakan layak donor darah.

"Pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Rutan Tarutung untuk saling membantu sesama," tandasnya.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi