Putra Aceh Timur Lulus Tenaga Pendidik di Jeddah 

Putra Aceh Timur Lulus Tenaga Pendidik di Jeddah 
Safrizal, M.Sos.I (Analisadaily/Sudirman)

Analisadaily.com, Langsa - Safrizal, M.Sos.I (37) merupakan putra kelahiran Gampong (desa) Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmur, Aceh Timur lulus menjadi tenaga pendidik (Guru) di Kota Jeddah, Arab Saudi.

"Alhamdulillah, setelah dinyatakan lulus seleksi, saya akan mengajar siswa tingkat SMA dalam lingkungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi," ujar Safrizal yang berdomisili Gampong Paya Bujok Seulamak, Kecamatan Langsa Baro, kepada Analisadaily.com, Senin (20/3).

Dikatakan, ada puluhan guru di Indonesia yang lulus dan akan mengajar di Arab Saudi dan beberapa negara yang memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia.

Seleksi ini merupakan program dari Kementerian Luar Negeri dan Kemendikbud RI dalam rangka memperkenalkan budaya indonesia bagi pelajar dari luar negeri.

Seperti diketahui, lanjut Safrizal, ada banyak warga Indonesia yang sudah menetap di luar negeri salah satunya Arab Saudi, mereka hampir tidak faham dengan budaya Indonesia.

"Jadi, Pemerintah Indonesia menggalakkan program ini untuk memperkenalkan Budaya Indonesia, secara tidak langsung, kami juga seperti duta pendidikan di luar negeri,"ujarnya lagi.

Sekedar diketahui, Safrizal merupakan guru aktif di SMAN 1 Langsa sejak tahun 2011 mengajar mata pelajaran sosiologi dan fasilitator guru penggerak wilayah Banten.

Dari segudang prestasinya, seperti, juara simposium guru nasional tahun 2015, juara favorit 1 Olimpiade Guru Nasional (OGN) tahun 2019 dan beberapa prestasi lainnya menghantarkan Safrizal mengajar ke Arab Saudi.

Namun, saat uni Safrizal sedang menunggu visa keberangkatan, di Jeddah nanti akan bekerja dalam naungan KBRI.

(DIR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi