Tokoh Lintas Agama Nilai Kakan Kemenag Asahan Sangat Merangkul

Tokoh Lintas Agama Nilai Kakan Kemenag Asahan Sangat Merangkul
Kakan Kemenag Asahan, Saripuddin Daulay, bersama Pendeta Azis Tumanggor (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Tokoh masyarakat lintas agama Kabupaten Asahan menilai kinerja Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Asahan, Saripuddin Daulay, selama menjabat sangat peduli dan merangkul.

“Dari pandangan saya pribadi beliau selama menjabat, sosok pemimpin yang tegas dan merangkul, kemudian programnya sampai ke masyarakat. Arti kata beliau tidak hanya berbicara tapi merealisasikan sampai ke pelosok termasuk gagasan moderasi beragama,” kata Ketua Forum Persatuan Pemuda Asahan, Ustaz Hery, Rabu (22/3).

“Apalagi gagasan moderasi beragama ini terus disosialisasikan dengan tujuan untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama,” sambungnya.

Di sisi lain, pergerakan Kakan Kemenag untuk menjalin hubungan baik antartokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah serta lainnya juga cukup baik. Karena beberapa kali kegiatan, Kemenag hadir bersama Bupati.

Di soal bersama lintas agama, Kakan Kemenag Asahan memposisikan dirinya sebagai Kemenag, artinya di matanya sama dan tidak membeda-bedakan, dan ini terbukti saat mereka audensi bersama teman-teman beragama di luar muslim, ada kristen, hindu, dan buddha.

“Saya lihat Kakan Kemenag merangkul, arti katanya terbuka (welcome). Dia ia berprinsip siapa saja asalkan masih dalam bingkaian NKRI, mari bersama membangun negara ini, dengan kata lain kepemimpinan beliau sangat sejuk,” ucapnya.

“Untuk itu harapan saya ke depan, Kemenag tetap dalam pendiriannya dan tujuannya, yakni menciptakan kerukunan beragama di Asahan dapat tercapai,” sambungnya.

Senada disampaikan Pendeta Azis Tumaggor. Ia menilai kepemimpinan Kakan Kemenag Asahan sangat merangkul dan sejuk, karena betul-betul moderasi beragama ditegakan di Asahan.

“Sekalipun ia muslim, tapi ia sangat menghormati agama lain seperti Kristen dan agama lainnya. Jadi menurut saya, Pak Kakan Kemenag Asahan Saripuddin Daulay satu-satunya yang menjalankan moderasi beragama di Asahan, dan ini bukan hanya teori, tapi betul dikerjakan,” terangnya.

“Contohnya, menurut saya yang tak bisa dilakukan orang lain yakni mengucapkan kata shalom pada saudara kita nasrani,dan ini hanya Pak Saripuddin yang mengucapkan, kendati banyak orang yang kurang enak, namun ia tetap mengucapkan saat acara-acara, karena menurutnya ini salah satu cara moderasi beragama.”

“Maka dari itu, harapan saya Pak Kakan Kemenag Asahan ini agar diusulkan menjadi tokoh nasional, karena betul-betul menjalankan moderasi beragama di Kabupaten Asahan, sesuai dengan arahan dari pimpinannya,” pungkas Azis Tumanggor yang juga Wakil Ketua FKUB.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi