Mesut Ozil Tinggalkan Panggung Besar Sepak Bola

Mesut Ozil Tinggalkan Panggung Besar Sepak Bola
Mesut Ozil saat melakukan pemanasan (Pool via REUTERS/Kenan Asyali)

Analisadaily.com, Turki - Mesut Ozil mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola pada usia 34 pada Rabu (22/3). Mantan pemain Real Madrid dan Arsenal itu adalah pemain kunci tim pemenang Piala Dunia Jerman di Brasil pada 2014.

Dia pensiun dari skuad pada 2018 di tengah debat politik di Jerman tentang masuknya migran dan setelah reaksi balik atas foto yang diambil dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan, mengatakan dia menghadapi rasisme dan rasa tidak hormat atas keturunan Turki-nya.

"Saya memiliki hak istimewa untuk menjadi pemain sepak bola profesional selama hampir 17 tahun dan saya merasa sangat berterima kasih atas kesempatan itu," kata Ozil, yang terakhir bermain untuk klub Turki Istanbul Basaksehir, dalam sebuah pernyataan di Instagram.

"Tetapi dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, setelah juga menderita beberapa cedera, semakin jelas bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan panggung besar sepak bola," tutur Ozil dilansir dari Reuters dan Channel News Asia.

Ozil membuat 645 penampilan untuk klub dan negara, di mana ia mencetak 114 gol dan 222 assist.

Dia memulai karir seniornya dengan Schalke 04 di Jerman, sebelum pindah ke Werder Bremen. Penampilannya membuatnya dipanggil ke skuat Jerman untuk Piala Dunia 2010, di mana ia membantu negaranya mencapai semifinal.

Dia menandatangani kontrak dengan Real Madrid sebulan setelah Piala Dunia dan menghabiskan tiga tahun di Spanyol, memenangkan satu gelar La Liga dan Piala Super Spanyol. Ozil membuat 105 penampilan La Liga untuk Real, mencetak 19 gol.

Dia bergabung dengan Arsenal pada 2013, membantu mereka memenangkan yang pertama dari empat gelar Piala FA pada tahun berikutnya. Dia mencetak 33 gol Liga Premier dan membuat 59 assist selama waktunya di London utara.

Dia juga memainkan peran utama untuk Jerman di Piala Dunia 2014 di Brasil, memulai ketujuh pertandingan mereka saat mereka menjadi tim Eropa pertama yang memenangkan turnamen di tanah Amerika Selatan.

Ozil bergabung dengan klub Turki Fenerbahce pada 2021 setelah Arsenal mengakhiri kontraknya dan kemudian pindah ke Istanbul Basaksehir kurang dari setahun kemudian.

"Ini merupakan perjalanan luar biasa yang penuh dengan momen dan emosi yang tak terlupakan. Saya ingin berterima kasih kepada klub saya, Schalke 04, Werder Bremen, Real Madrid, Arsenal FC, Fenerbahce, Basaksehir dan para pelatih yang mendukung saya, ditambah rekan setim yang telah menjadi teman. Sekarang saya menantikan semua yang ada di depan saya bersama istri saya yang cantik, Amine, dan dua putri saya yang cantik, Eda dan Ela," tambah Ozil.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi