Tarekat Naqsabandiyah di Sumut Sudah Berlebaran Hari Ini, Salat Id Pagi Tadi

Tarekat Naqsabandiyah di Sumut Sudah Berlebaran Hari Ini, Salat Id Pagi Tadi
Ilustrasi - Tarekat Naqsabandiyah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deli Serdang - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah pada hari ini, Kamis (20/4). Pada Rabu (19/4) malam, mereka telah menggelar takbiran.

"Sesuai arahan dan petunjuk Tuan Guru bahwa 1 Syawal 1444 Hijriah bertepatan pada hari ini," kata seorang jemaah, Syekh Muda Markum.

Markum mengungkapkan, jemaah di Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Deliserdang, Salat Idul Fitri dilaksanakan di RIS Marendal, Deliserdang, pagi tadi sekitar pukul 07.45 WIB.

"Salat Idul Fitri bertindak selaku iman dan khotib Tuan Nur Zikri dari Medan," sebut Markum.

Usai salat Idul Fitri akan digelar makan bersama dengan jemaah yang hadir. "Demikian disampaikan berkah Tuan Guru, kita semua sehat dan istiqomah, aamiin," sebut Markum.

Sebelumnya, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumut juga lebih awal berpuasa, menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah pada Selasa (21/3).

Penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal 1444 Hijriah berdasarkan perhitungan Hisab Qomariah yang dilaksanakan di Pesantren Pusat, di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.

"Hisab di laksanakan majelis fatwa dan Dewan Mursyidin yang dipimpin Tuan Guru langsung, Buya Syekh Muhammad Nur," tandasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi