Bupati Sergai Darma Wijaya Buka TMMD ke-116 Kodim 0204/DS

Bupati Sergai Darma Wijaya Buka TMMD ke-116 Kodim 0204/DS
Bupati Sergai, Darma Wijaya, didampingi Dansatgas TMMD 116 Kodim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto, memukul gong sebagai tanda dibukanya secara resmi pelaksanakan TMMD) ke-116 TA 2023 Kodim 0204/DS (Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Sergai - Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 TA 2023 Kodim 0204/DS dibuka secara resmi dalam suatu upacara, bertempat di Lapangan Stadion 26 Juli Desa Rambung Sialang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (10/5).

Upacara pembukaan TMMD ke-116 Kodim 0204/DS yang mengangkat tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” ini dipimpin Bupati Sergai, Darma Wijaya, sebagai inspektur upacara. Bertindak sebagai komandan upacara Dandim 0204/DS yang juga Dansatgas TMMD 116, Letkol Czi Yoga Febrianto.

Pembukaan TMMD ke-116 Kodim 0204/DS ini ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan alat gotong royong oleh Bupati Sergai sebagai inspektur upara.

Turut hadir dalam upacara jajaran Kodim 0204/DS, perwakilan Korem, perwakilan Kodam I/BB, Sekdakab Sergai, para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Sei Rampah, dan masyarakat sekitar.

Bupati Sergai menyampaikan sambutan baik atas terlaksananya kegiatan TMMD ini, karena sudah terbukti mampu mendorong pembangunan dalam rangka meningkatkan perekonomian di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami meyakini jika peningkatan ekonomi mesti dibarengi dengan pembangunan akses jalan ke seluruh wilayah. Dengan fasilitas jalan yang bagus, hasil bumi dan barang produksi bisa disalurkan dengan lebih mudah. Masyarakat pun dapat dengan nyaman melaksanakan aktivitas sehar-hari, sehingga perekonomian bergerak aktif. Hal ini juga seturut dengan kegiatan TMMD yang juga aktif membantu melaksanakan pembangunan berbagai infrastruktur. Semoga sinergi baik antara Pemkab, TNI, dan masyarakat bisa semakin erat dan berdampak besar bagi pembangunan daerah,” kata Bupati.

Kemudian secara khusus Bupati menyampaikan, pembangunan infrastruktur dapat memberi efek positif bagi 2 kecamatan yang ada di Sergai yaitu Sei Rampah dan Pegajahan, apalagi TMMD tahun 2023 ini akan memfokuskan pembangunan yaitu peningkatan ruas Jalan Simpang Desa Pergulaan yang berada di Kecamatan Sei Rampah dengan Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan, berupa pembangunan beronjong, Tembok Penahan Tanah (TPT) dan gorong-gorong.

Namun demikian, Bupati Darma berpesan kepada para warga agar nantinya hasil akhir pembangunan ini bisa dirawat dan dijaga, karena membangun infrastruktur dan fasilitas publik memang bukan hal yang mudah, namun jauh lebih sulit dalam menjaga dan merawat agar hasilnya dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

“Masyarakat dan perangkat desa mesti bersama-sama solid dan aktif untuk memastikan fasilitas publik dipergunakan sesuai peruntukannya. Terutama untuk fasilitas jalan yang dibangun, supaya dipastikan kalau kendaraan yang melewatinya sesuai dengan kapasitas kelas jalan. Jangan sampai overload, sehingga berpengaruh pada daya tahan dan jangka pakai jalan tersebut,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Sergai ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap seluruh pihak yang telah turut terlibat dalam membangun Sergai. “Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan ini dapat memenuhi visi menjadikan Sergai sebagai kabupaten yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 TA 2023 Kodim 0204/DS yang imulai pada Rabu (10/5) dan berakhi hingga Kamis (8/6) mendatang.

Selama rentang waktu satu bulan ke depan, berbagai target pembangunan berupa fisik dan non fisik di lokasi sasaran di Desa Pergulatan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, siap dikerjakan Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS sesuai rencana dan target yang telah ditetapkan.

Dari penjelasan Dansatgas TMMD 116 Kodim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto, di sela upacara pembukaan tersebut ada beberapa menjadi sasaran fisik dan non fisik pada kegiatan TMMD kali ini.

Letkol Czi Yoga Febrianto, untuk sasaran fisik berupa peningkatan ruas jalan Simpang Pergulaan-Sukasari-Batas Kecamatan Pegajahan dengan Kecamatan Sei Rampah sepanjang 6.016 x 4,6 meter, pekerjaan pendukung bronjong sepanjang 70 meter tinggi 3 meter, pekerjaan tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 72 meter dan pekerjaan gorong-gorong (Box Culvert) sepanjang 24 meter pada 3 titik lokasi.

Di samping itu, Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS juga melakukan rehab rumah tiga layak huni yang dimiliki tiga warga, yakni masing-masing atas nama Maruli Tua Simatupang (49), Syahniar (41) dan Sabariah (52).

“Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa aneka kegiatan penyuluhan, dikerjasamakan Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS dengan Polri dan berbagai instansi terkait lainnya. Beberapa kegiatan non fisik itu meliputi penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, sosialisasi pelayanan kesehatan, sosialisasi pertanian, pendidikan, hukum dan Kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, sosialisasi keagamaan, sosialisasi KB-Kes, sosialisasi perikanan dan peternakan, sosialisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta sosialisasi kegiatan PKK,” jelas Dansatgas TMMD 116 Kodim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto mengakhiri keterangan.

Usai acara pembukaan Bupati Sergai bersama Dansatgas TMMD 116 Kodim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto beserta rombongan meninjau hasil perejaan yang dilaksanakan Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi